Lingkungan

Ratusan Tiang PJU Tak Berfungsi

Radarbekasi – Sebanyak 180 tiang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) tidak berfungsi. Penyebabnya, karena enam konektor atau penghubung lampu hilang atau raib dicuri.

Kepala Bidang PJU pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi, Priyatno mengatakan, persoalan tersebut kini telah ditangani oleh tim unit reaksi cepat (URC).

Kata dia, konektor merupakan komponen penting yang berfungsi menghubungkan 30 tiang PJU untuk menyalakan lampu saat malam hari.

“Ya kalau hilang, yah lampu tidak akan menyala, karena komponen konektornya tidak ada sehingga lampu PJU tidak akan bisa menyala, wajar saja kalau gelap,” kata Priyatno, kemarin Kamis (7/2).

Dia menjelaskan, kasus pencurian konektor PJU rawan terjadi di daerah Mustikajaya, Bantargebang, Pondokmelati, Rawalumbu dan Kelurahan Bintara Jaya, Kecamatan Bekasi Barat. Pencuri mengambil komponen itu karena posisinya hanya setinggi 1,5 meter di tiang PJU.

Padahal, bila dijual kembali, harga konektor hanya Rp10 ribu hingga Rp20 ribu per buah dari harga baru berkisar Rp150 ribu.

“Lokasi PJU yang menjadi sasaran biasanya berada di daerah pinggiran Kota Bekasi. Karena letaknya jauh dari pengawasan petugas dan minim petugas yang ada di daerah sekitar,” ujarnya.

Guna mengantisipasi hal itu, pihaknya kini mulai menandai konektor agar tidak bisa dijual kembali. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bekasi dan kepolisian setempat untuk mengatasi pencurian konektor lampu PJU.

“Pengawasan juga kita tingkatkan dari tim URC untuk mengurangi ruang pelaku untuk mencuri. Selain itu pengerahan petugas juga untuk menanggulangi secara cepat bila lampu padam,” katanya.

Sekretaris Dinas BMSDA Kota Bekasi M Solikhin menambahkan, pemerintah daerah telah mengalokasikan dana sekitar Rp1,5 miliar untuk perbaikan dan pemeliharaan PJU.

Untuk tahun ini, pemerintah berencana memasang 450 titik PJU baru di jalan Kota Bekasi. Anggarannya beras dari APBD Kota Bekasi dan pemberian berupa hibah dari DKI Jakarta.

“Untuk APBD dialokasikan Rp900 juta dengan jumlah 175 unit PJU dan 275 unit PJU dari hibah DKI, biar jalan raya di Kota Bekasi dapat pencahayaan yang cukup dimalam hari” katanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan data dari Dinas BMSDA Kota Bekasi, jumlah PJU saat ini mencapai 37.853 unit yang tersebar di 12 kecamatan di wilayah Kota Bekasi. Pemerintah menyatakan, idealnya jumlah PJU di Kota Bekasi mencapai 80 ribu unit PJU. Penambahannya, akan dilakukan secara bertahap. (pay)

Related Articles

Back to top button