Berita Utama

Cegah DBD dengan Ikan Cupang

Radarbekasi.id – Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) dapat dilakukan dengan memlihara ikan cupang. Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezi Syukrawati.

Ia menyatakan, bahwa ikan tersebut bermanfaat untuk mencegah DBD. “Manfaatnya pasti ada karena jentik enggak sempat jadi nyamuk, karena dimakan ikan,” katanya kepada Radar Bekasi, Jumat (8/2).

Dirinya juga menghimbau agar warga yang banyak melakukan aktivitas di air untuk memelihara ikan tersebut.

Pencegahan DBD dengan memelihara ikan cupang ternyata juga dirasakan pedagang ikan cupang di Kota Bekasi. Salah satunya Yanawati (71), pedagang ikan cupang yang biasa berjualan di Jalan Agus Salim, Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur.

Ia mengaku, setiap harinya ada saja warga yang menanyakan ikan cupang. Sebagian besar masyarakat, kata dia, membeli untuk mengurangi jentik nyamuk.

Jenis yang dibeli untuk mencegah DBD yakni ikan cupang medan atau yang biasa disebut Bagan.

Yanawati menerangkan, ikan cupang ini tidak akan membuat air menjadi amis jika diletakkan di bak air kamar mandi. Asalkan, jumlahnya tidak terlalu banyak.

“Di bak mandi, di kolam-kolam. biar dia makan encu ditaruh di situ. Enggak amis, jangan banyak-banyak, satu atau dua ikan cukup,” terangnya.

Untuk mendapatkan ikan tersebut, masyarakat tidak perlu mengocek kantong terlalu dalam. Harganya relatinf murah. Bervariasi, berkisar Rp5 ribu sampai Rp20 ribu. Sesuai dengan ukuran ikan. (neo/sur)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close