Bisnis

Diperkirakan Sumbang PDB Rp 1.200 Triliun

Radarbekasi.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, optimisme menjadi energi yang menggerakkan para pegiat industri kreatif untuk terus membuat terobosan bagi masyarakat.

“Hasil survei 2017, kita menjadi masyarakat paling optimis di dunia. Jadi, kalau pesimistis, sebaiknya enggak usah mengajak yang lain,” kata Ridwan saat menjadi pembicara dalam orasi pekerja kreatif yang digelar Asumsi.co di Gedung Sabuga Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Sabtu (9/2).

Meski demikian, pria yang karib disapa Kang Emil itu mengakui bahwa masih ada ancaman di tengah masyarakat

“Kita mudah bertengkar. Yang membuat prihatin, pertengkaran itu dipicu hal-hal sepele. Makin ramai karena kita juga hobinya cenderung mencari perbedaan. Kalau tak bertengkar seperti itu, kita harusnya sudah jadi bangsa juara,” jelas Kang Emil.

Sementara itu, Founder Asumsi.co Iman Sjafei mengatakan, membangun dunia usaha yang penuh optimisme tidak mudah.

“Dalam empat tahun belakangan, optimisme itu terus berusaha dibangun tak hanya dengan pembangunan fisik seperti infrastruktur, tetapi juga dorongan agar milenial terjun ke dunia usaha,” kata Iman.

Digitalisasi, kata Iman, justru sangat berperan dalam memperkuat industri kreatif. Disrupsi digital memangkas rantai ekonomi industri kreatif. Efeknya langsung terasa pada kontribusinya pada pendapatan negara.

Pada akhir tahun lalu, kontribusi industri kreatif dalam pendapatan negara mencapai Rp 1.105 triliun. Tahun ini, nilainya bakal jauh lebih besar.

“Tahun ini diperkirakan industri kreatif akan menyumbang Rp 1.200 triliun pada PDB (produk domestik bruto) Indonesia,” kata Iman. (jos/jpnn)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker