Olahraga

Perpani Maksimalkan Regenerasi Atlet Panahan

Radarbekasi.id – Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (Perpani) Kabupaten Bekasi melakukan uji kemampuan pelatih klub panahan di Senior Living @ D’Khayangan, Cikarang Timur, Sabtu (9/2). Uji kemampuan dilakukan guna memaksimalkan regenerasi alet panahan di 10 klub yang ada di wilayah setempat.

Sekretaris Umum Perpani, Suheriyanto menjelaskan, uji kemampuan merupakan agenda penting untuk membekali para pelatih dengan ilmu-ilmu baru yang dapat diterapkan dalam latihan.

“Sekarang hari terakhir, dari Sabtu kita lakukan pengujian pada para pelatih panahan di tiap klub. Ini akan menjadi pembuka awal dalam memaksimalkan pemanah yang ada di tiap klub,” ujarnya saat dikonfirmasi Radar Bekasi, Minggu (10/2).

Lebih lanjut, dikatakannya, banyak teori pelatihan yang diberikan kepada para pelatih klub panahan. Seperti teori tentang pelatihan teknik, psikologi, dan periodisasi latihan.

“Sementara kita berikan pelatihan dasar pada pelatih di 10 klub yang saat ini sudah terdata di kita (Perpani) Kabupaten bekasi,” imbuhnya.

Menurutnya, pelatih memiliki berbagai tugas. Misalnya, saat melakukan pembinaan harus bisa mengkolaborasi antara prestasi dengan kemampuan yang dimiliki.

“Intensitas latihan menjadi sorotan utama. Tetapi untuk dasar, seorang pelatih mesti menguasai standard bow (busur panah), recurve (gelombang) dan compound sehingga busur bisa diposisi tepat sasaran,” terangnya.

Heri mengaku, 10 pelatih di klub Kabupaten Bekasi yang mengikuti pelatihan sudah memiliki kemampuan. Oleh karena itu, melalui pemberian materi baru, dan pemahaman dalam memberikan pengetahuan pada atlet binaan akan maksimal.

“Sebenarnya ada banyak klub yang saat ini tersebar di Kabupaten Bekasi, namun yang sudah terdaftar di kita baru 10 klub,” tuturnya.

Salah satu peserta, Cahyo mengaku, keikutsertaannya dalam uji kemampuan dapat membuatnya berkembang ke depan. “Saya cuma pemerhati. Pernah ikut komunitas tapi sudah keluar. Materi masih skala dasar, dan saya kemungkinan kembali membuat klub,” ujar pria asal Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. (dan)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + six =

Close