Metropolis

Puluhan Guru Ikuti Pelatihan Menulis Cerita Fiksi

Radarbekasi.id – Puluhan Komunitas Guru Penulis Bekasi Raya (KGPBR) diberikan pelatihan menulis cerita fiksi oleh salah satu penulis novel Balada Si Roy, Gol A Gong di SMK Al-Muhadjirin, Kelurahan Aren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Pantauan Radar Bekasi, puluhan guru pengajar dari Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi hadir dalam pelatihan menulis cerita fiksi. Mereka diberikan pemahaman tentang teknis kepenulisan terutama pada cerita fiksi.

Ketua KGPBR, Prawiro Sudirjo mengatakan, pelatihan penulisan cerita fiksi tersebut dilaksanakan untuk memberikan pemahaman tentang cara dan teknis menulis cerita fiksi kepada guru-guru pengajar yang ada di wilayah Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

“Dalam pelatihan ini kita undang penulis novel balada si Roy Gol A Gong yang berpengalaman menulis di bidang fiksi, cerpen, ataupun novel. Agar disini para guru pengajar dapat memahami cara dan mengasah (kemampuan) tentang menulis cerita fiksi,” katanya kepada Radar Bekasi, Minggu (10/2).

Selain ingin ada pelatihan untuk guru-guru pengajar agar bisa menulis cerita untuk siswa-siswinya, pelatihan tersebut juga untuk memasukan unsur karakter di dalamnya dan unsur kearifan lokal.

“Dengan pelatihan ini para guru meningkatkan pendidikan dan literasi di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Jadi bagaimana literasi ini akan terus terasa. Karena menulis bukan hal yang mudah. Harus ada jiwa kemauan kuat dari guru-guru pengajar tersebut,” ucapnya.

Menurut dia, dengan adanya pelatihan penulisan tersebut, guru-guru mengetahui cara teknik menulis dan punya keberanian untuk menulis. Karena, terdapat sejumlah hal yang diharus diketahui untuk menulis.

“Jadi guru-guru tahu cara menulis, punya keberanian dan tahu bagaimana tulisannya itu menjadi populer dan mudah ditanggapi oleh kaum milenial. Semoga dengan adanya pelatihan menulis ini menambah wawasan guru-guru meningkatkan kemampuan menulis dan guru itu makin mudah untuk mengajarkan pelajaran yang kaku-kaku menjadi luwes dan juga dapat meningkatkan literasi yang sedang digalakkan pemerintah,” tandasnya. (cr43)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close