Cikarang

Pembangunan Tidak Sesuai Perencanaan

*Penyebab SDN Cicau 01 Ambruk

Radarbekasi.id – Pembangunan SDN Cicau 01, Desa Cicau dinilai tidak sesuai dengan perencanaan. Sehingga, bangunan tersebut menjadi mudah mengalami kerusakan.

Sebab, pembangunannya tanpa menggunakan cakar ayam. Kekuatan bangunan tidak dapat menahan beban ketika termakan usia dan kondisi cuaca kurang bersahabat. Demikian dikatakan, Kepala Bidang Sosial dan Budaya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Iis Wahyudianto.

Ia menjelaskan, saat mengetahui kondisi sekolah mengalami kerusakan, pihaknya langsung turun ke lapangan untuk merespons kondisi yang harus dilakukan yakni perbaikan secara cepat.

“Kondisi sekolah harus cepat dibangun, tadi (kemarin, red) saya sudah meninjau ke lapangan kondisi bangunannya. Menurut saya tiang penyanggah bangunan hanya terdiri dari bambu, tanpa ada cakar ayamnya. Sehingga bangunan kurang kuat,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya yang melakukan monitoring evaluasi (monev) pembangunan sekolah menilai banyak pembangunan yang tidak sesuai dengan perencanaan. Sehingga, kualitas bangunan juga memprihatinkan.

“Sebenarnya, ketika serah terima bangunan SDN 01 dahulu ditolak oleh warga. Karena perencanaan dengan realisasi pembangunan tidak sesuai. Oleh sebab itu warga protes,” tuturnya.

Hasil monev yang dilakukan pihaknya akan ditindaklanjuti. Karena hal tersebut berpengaruh pada penggunaan anggaran serta melakukan kegiatan selanjutnya.

Sebab kata dia, anggaran yang digelontorkan harus sesuai kualitas bangunan sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Oleh sebab itu dari hasil monev, kami akan menjalankan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). Sehingga apa yang direncanakan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Ia menyatakan, hal serupa juga ditemukan di sekolah lainnya terutama tingkat Sekolah Dasar (SD).

“Jadi rubuhnya sekolah SDN 01 Cicau ini dapat menjadi hikmah, supaya pemerintah daerah bisa terus berjuang untuk menciptakan fasilitas pendidikan yang laik. Dan rencana kami pembangunan sekolah di SDN Cicau diupayakan pada bulan Februari ini bisa berjalan perbaikannya, adapun anggarannya kami bekerjasama dengan Program Corporate Sosiality Responbility (CSR) perusahaan,” ujarnya. (and)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker