Berita Utama

Pemdes Setia Asih Kesulitan Tangani TPS Liar

Radarbekasi.id – Pemerintah Desa Setia Asih kesulitan untuk mencegah munculnya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar. Hal itu disebabkan karena kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan masih minim.

Salah satunya di sisi Jalan Raya Mutiara Gading, Desa Setia Asih. Lokasi tersebut dipenuhi berbagai sampah rumah tangga. Sampah-sampah tersebut sengaja dibuang atau dilempar oleh warga yang menggunakan kendaraan sepeda motor.

Warga yang berada di sekitar jalan tersebut, Awaludin (47) mengatakan, warga setempat sudah melakukan berbagai cara untuk mencegah jalan tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah (TPS) liar.

“Tetapi tetap kondisinya begitu-begitu saja, masih banyak warga yang menggunakan sepeda motor melempar seenaknya saja tanpa memikirkan dahulu dampak yang akan dirasakan warga. Terkadang, mau tidak mau untuk mengurangi sampah itu kami lakukan pembakaran. Saya harap warga dari luar wilayah sini bisa sadar akan kebersihan lingkungan orang,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa Setia Asih, Siti Qomariyah membenarkan, masih terdapat sejumlah titik sampah liar di wilayahnya. Hal itu, menurut dia, disebabkan lantaran masih rendahnya kesadaran masyarakat akan lingkungan bersih.

“Kesadaran masyarakat masih rendah untuk membuang sampah pada tempatnya, itu terlihat masih banyaknya sampah-sampah rumah tangga yang dibuang secara sembarangan. Seperti memanfaatkan sisi jalan dan lahan kosong,” katanya kepada Radar Bekasi, Senin (11/2).

“Padahal, dengan begitu mereka yang buang sampah telah mengotori dan mencemari lingkungan,” sambung Siti.

Ia menyatakan, pihaknya telah memberikan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Seperti percuma saja, sudah kami himbau, sudah kami lakukan sosialisasi, namun masih tetap belum ada kesadaran dari masyarakatnya sendiri untuk menjaga lingkungan yang bersih. Spanduk-spanduk himbauan sudah kami pasang disetiap titik tempat pembuangan sampah liar, bukannya berkurang malah sampah itu bertambah,” ujarnya.

Ia berharap agar masyarakat bisa bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang bersih. “Saya minta warga juga ikut memantau apabila ada warga yang menggunakan kendaraan dengan melemparkan sampah-sampah tersebut bisa ditegur langsung,” tandasnya. (cr43)

Related Articles

Back to top button