Pendidikan

Pemkot Buka Pelatihan Kerja

Radarbekasi.id – Sebanyak 10 ribu warga Kota Bekasi bakal menikmati pelatihan kerja secara gratis. Dalam waktu dekat, rekrutmen peserta pelatihan berbasis kompetensi dan kewirausahaan digelar.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi Sudirman mengatakan, Pemkot Bekasi memiliki program 150 ribu penempatan kerja. Itu masuk pada program prioritas Wali Kota Rahmat Effendi beserta Tri Adhianto.

“Kita ingin pencari kerja punya kemampuan yang baik sehingga bisa bekerja di perusahaan yang membutuhkan. Karena keahliannya ini, mereka bisa bekerja di Kota Bekasi dan di mana saja di Indonesia,” kata Sudirman, Senin (11/2).

Pihak Kementerian Tenaga Kerja melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Luar Negeri (BBPLK) Cevest Bekasi siap memfasilitasi sebanyak 3.500 peserta pelatihan dan pihak Kementerian Perhubungan sebanyak 6.500 peserta.

Lanjut dia, sekarang ini pihaknya berharap warga kota Bekasi dan sekitarnya bisa memanfaatkan pelatihan ini. Karena menurutnya pelatihan ini penting sebelum masuk di dunia kerja.

“Ada 2.2 juta angkatan kerja dan di 2019 masih ada 13 ribu dari angkatan kerja yang menganggur. Ini upaya kita mengurangi pengangguran di Kota Bekasi,” tambahnya.

Untuk bisa mengikuti pelatihan ini, warga bisa segara mendaftarkan diri ke kantor Disnaker Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani No 13 atau ke kantor BBPLK Cevest di Jalan Guntur Raya Kayuringin Jaya Kota Bekasi.

Peserta pelatihan bisa dari lulusan SMK Se-Kota Bekasi, kecamatan dan kelurahan se-Kota Bekasi, organisasi kemasyarakatan/pemuda, dinas terkait seperti Dinas Pendidikan, Dispora, Dinas Koperasi dan UMK, Dinas Sosial, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Untuk pelatihan berbasis kompetensi, Disnaker Kota Bekasi menyediakan pelatihan operator dan teknik komputer, mengemudi kendaraan, pelatihan pengatur lalu-lintas, montir motor, instalasi kelistrikan, otomotif, operator alat berat, welding atau las listrik, dan las karbondioksida.

“Sementara untuk bidang pelatihan berbasis kewirausahaan yakni pelatihan montir dan bengkel (manajemen), pelatihan manajemen kewirausahaan bagi wirausaha pemula, pelatihan tenaga pemasaran dan promosi online, sertifikasi mandor, sertifikasi tukang dan sertifikasi keahlian,” tutupnya.(pojokbekasi)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker