Politik

KPU Bekasi Pastikan Tidak Ada Pemilih Ganda

Radarbekasi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi memastikan tidak ada lagi pemilih ganda dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, yakni Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di Kabupaten Bekasi.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin menyampaikan, pihaknya telah merampungkan perbaikan data invalid dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) uintuk Pemilu 2019 mendatang.

“DPT ganda sudah kami selesaikan, data invalid juga telah dibereskan, termasuk data yang baru masuk sudah kami selesaikan,” ucap Jajang kepada Radar Bekasi, Rabu (13/2).

Kata dia, hal tersebut mengingat sudah ada jaminan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa satu orang hanya punya satu nomor induk, sehingga tidak ada kekhawatiran jika punya dua Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El).

“Kami berani memastikan tidak akan ada DPT ganda, karena sudah melihat persentasi langsung, deteksi secara otomatis tersebut,” beber Jajang.

Dengan demikian, pihak penyelenggara pemilu memilik suatu keyakinan tidak akan ada KTP-El ganda. Menurutnya, saat sedang rakor dengan Bawaslu, Kemendagri maupun Disdukcapil memastikan langsung, di mana orang yang sudah melakukan perekaman KTP-El, tidak akan bisa melakukan perekaman lagi.

“Jadi orang yang sudah melakukan perekaman KTP-EL, kemudian dia melakukan perekaman ulang, maka tidak akan muncul datanya, karena identitas yang bersangkutan sudah ada di Disdukcapil maupun Kemendagri,” terangnya.

Mengenai data pemilih untuk tahun 2019, tambah Jajang, berbeda dengan pemilihan pada tahun 2014, maupun saat Pilkada lalu. “Bedasarkan Undang-Undang Nomor 7 dan Peraturan PKPU Nomor 20 Tahun 2018, data pemilih di Kabupaten Bekasi menggunakan daftar pemilih terakhir, yaitu data saat pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2018 lalu. (pra) 

Related Articles

Back to top button