Berita Utama

Nunggak Pajak Bayar di Tempat

Radarbekasi.id – Puluhan pengendara roda empat dan roda dua terjaring operasi terpadu yang dilaksanakan di Jalan Ahmad Yani, tepatnya di depan stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi, Rabu (13/2).

Pengendara yeng terbukti melanggar nunggak pajak kendaraan, terpaksa harus membayar denda di tempat. Operasi terpadu penertiban administrasi kendaraan bermotor ini dilaksanakan oleh pihak Polres Metro Bekasi Kota, Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) wilayah Kota Bekasi serta sub Denpom.

Kepala seksi Penerimaan dan Penagihan P3D wilayah Kota Bekasi, Gumiwan mengungkapkan, operasi triwulan pertama yang dilaksanakan bersama dengan beberapa pihak. Setiap tahun operasi semacam ini dilaksanakan empat kali. “Ini triwulan pertama, kita dilakukan di sini tingkat polres, nanti berikutnya selasa tanggal 21 dan tanggal 22 itu tingkat polsek,” katanya, Rabu (13/2).

Pada hari yang sama operasi dipusatkan jalan Ahmad Yani, target penerimaan pajak kendaraan oleh P3D wilayah kota Bekasi pada tahun 2019 ini mencapai lebih dari Rp1 triliun rupiah. Pengendara yang kedapatan menunggak pajak kendaraan bermotor dapat langsung membayar tunggakan pajak dilokasi operasi. Sementara untuk pengendara yang sudah jatuh tempo bisa langsung menuju kantor samsat induk yang berada di Bulak Kapal, Kota Bekasi.

“Target kita di atas satu triliun di Kota Bekasi, tapi masih banyak kendaraan yang melakukan daftar ulang. Dengan adanya operasi gabungan ini kita hanya menghimbau kepada mereka yang harus membayar tepat waktu,” terangnya saat ditemui di lokasi operasi.

Gumiwan mengungkapkan, pihaknya telah berusaha untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan membuka enam outlet di Kota Bekasi, diantaranya adalah di Bekasi Junction, Pondok Gede, Harapan Indah, dan menggunakan beberapa mobil samsat keliling yang dimiliki.

Sementara itu, kepala bagian operasional (KBO) Lantas Polres Metro Bekasi Kota, Iptu I Dewa Ayu membenarkan operasi ini dilaksanakan sejak hari Selasa (12/2) hingga tanggal 21 Februari mendatang.

Pada pelaskanaan hari pertama,  polisi menilang sebanyak 72 kendaraan. Sementara untuk pengendara yang kedapatan menunggak pajak kendaraan diketahui 52 pengendara dengan rincian 44 wajib pajak menyatakan kesanggupan membayar dan delapan wajib pajak membayar di tempat.

“Untuk kemarin sudah ada datanya, tapi kalau umpamanya hari ini, tunggu dari confirm anggota, karena ini ada rapat jadi saya nggak turun tadi,” katanya saat dihubungi oleh Radar Bekasi.

Anggota Polres Metro Bekasi Kota yang akrab disapa Ayu ini menjelaskan, sasaran dari operasi kali ini adalah kendaraan yang belum membayar pajak dan pengendara yang melakukan pelanggaran lain sesuai dengan UULAJ nomor 22 tahun 2009. (sur)

Related Articles

Back to top button