Bisnis

Tukar Sampah dengan Emas

Radarbekasi.id – Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk mengubah perilaku masyarakat membuang sampah sembarangan. Di Desa Setia Asih, warga diajak menukar sampah dengan emas melalui bank sampah.

Kepala Desa Setia Asih, Siti Komariah meyakini, cara itu efektif mengubah perilaku warga. Alih-alih membuang sampah ke sembarang tempat, warga lebih memilih untuk membuang ke bank sampah.

“Keberadaan bank sampah ini sangat bermanfaat. Jadi sampah di jalanan atau kali berkurang,” katanya, Selasa (12/2/2019).

“Kita kerja sama dengan Pegadaian untuk buat bank sampah ini. Tujuannya memang mengurangi tumpukan sampah dan membantu perekonomian warga,” sambungnya.

Menurut perempuan yang akrab disapa Kokom ini, program bank sampah sudah berjalan selama tujuh bulan. Ada 200 warga yang tercatat menjadi nasabah. Tiap kilogram sampah dihargai Rp2 ribu.

Warga setempat Sumiati, menyambut baik program itu. Ia rutin menyetor sampah hampir tiap hari.

“Setiap hari setor sampah berbentuk botol mineral dan kardus.kira-kira bisa dapat 10 kilo sampah, termasuk dari jalan-jalan juga,” katanya.

Saldo warga tercatat dengan rapi di pembukuan, apabila sudah mencapai jumlah tertentu, warga bisa mengambilnya dalam bentuk emas atau uang tunai.(dam/pojokbekasi)

Close