LingkunganPolitik

Mengintip Proses Cetak KTP EL di Kota Bekasi

Prioritas Remaja, Pelayanan Disiapkan di Setiap Kecamatan

Radarbekasi.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi mencatat, dari 1,7 juta jiwa warga Kota Bekasi yang sudah memiliki e-KTP masih ada 100 ribu lebih warga Kota Bekasi yang belum memiliki e-KTP. Sementara 60 persen diantaranya remaja atau warga yang menginjak usia 17 tahun, sedangkan 40 Persen lagi warga yang sudah mempunyai e-KTP dan mereka membuat lagi karena rusak, hilang, dan lainnya.

Disdukcapil Kota Bekasi memprioritaskan cetak e-KTP kepada warga yang Print Ready Record (PRR), atau warga yang baru membuat e-KTP. Sehingga, pada pelaksanaan Pilpres 2019 nanti seluruh Kota Bekasi memiliki e-KTP dan bisa menggunakan hak pilihnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Taufik Rachmat Hidayat mengatakan, saat ini PRR yang belum dicetak mencapai 44.400 jiwa, sedangkan suket mencapai 14.000 jiwa. Sementara total keseluruhan mencapai 58.400 jiwa yang belum di cetak e-KTP.

“Tetapi ini mau kita pilah terlebih dahulu, suket ini kan ada yang hilang, karena rusak. Makanya sekarang kita lagi fokus untuk mengejar itu, karena harus selesai sebelum akhir bulan februari 2019 ini.” Kata Taufik Kepada Radar Bekasi, kemarin.

Sementara untuk warga di luar PRR, lanjut Taufik, pelayanan dilakukan di Mal Pelayanan Publik (MPP). Pasalnya, pihaknya saat ini memprioritaskan cetak untuk PRR, ”44.400 itulah yang kita sedang cetak setiap minggunya. Disdukcapil juga sudah mendapatkan blanko nantinya, akan dicetak setiap Minggunya dan hampir 12 ribu sudah di cetak,” tegasnya.

Menurutnya, setiap kecamatan dalam seminggu mampu mencetak 3 sampai 4 ribu e-KTP, “PRR itu bisa langsung di cetak di 12 Kecamatan yang ada di Kota Bekasi, yang di luar PRR kita sarankan untuk mencetak di MPP. Karena kalau di luar PRR itu bisa memilih di Pilpres karena sudah pernah punya e-KTP tinggal menunjukan saja bukti bahwa mereka punya e-KTP.” jelasnya.

Taufik menargetkan di bulan Februari ini mampu mencetak 12 Ribu hingga 15 Ribu e-KTP. Karena di masing-masing Kecamatan itu sudah di siapkan alat pencetakan e-KTP yang dikhususkan mencetak PRR dan MPP mencetak bagi di luar PRR itu sendiri.

“Kami sudah membuat tim melakukan Door to Door ke lapas dan ke rumah-rumah warga, yang memang ada yang sakit dan tua. KPU juga ingin kita mendata juga di lapas itu sudah kita lakukan. Intinya target Kemendagri akhir Februari ini sudah tercetak semua PRR.” tandasnya. (Pay)

Related Articles

Back to top button