Berita Utama

Foto Jokowi Hiasi Kegiatan 5K Color Run

Radarbekasi.id –  Sejumlah baliho termasuk medali bergambar Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat terpasang di sejumlah lokasi saat acara 5K Color Run di Hollywood Junction, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Minggu (17/2). Kegiatan itu diselenggarakan Polres Metro Bekasi Kabupaten.

Dalam baliho tersebut berisi beragam imbauan terkait keselamatan berlalu lintas. Seperti yang terpasang pada pintu masuk Hollywood Junction: ‘Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Keselamatan untuk Kemanusiaan’. Di samping tulisan terpasang gambar Jokowi dengan motor custom-nya. Di samping gambar-gambar tertera tulisan ‘Ir. Joko Widodo, Presiden RI’.

Selain itu, pada medali yang dibagikan kepada peserta lari yang mencapai garis akhir, juga tertera gambar sosok yang mirip dengan Calon Presiden (Capres) Jokowi. Di medali itu tak tertera jabatan dan nama, melainkan slogan Millenial Road Safety Festival.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Candra Kumara, mengaku sudah menggandeng Bawaslu sebelum penyelenggaraan kegiatan dilakukan.

“Posisi beliau sebagai presiden bukan sebagai capres. Karena Beliau (Jokowi, Red) yang menggagas acara ini agar mengampanyekan di seluruh Indonesia. Ini program presiden, bukan program capres. Itu yang harus digaris bawahi,” kata Candra.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi Syaiful Bahri menjelaskan, pada kegiatan itu, foto Jokowi baik di spanduk ataupun medali, tidak termasuk dalam bahan kampanye.

Menurutnya, dalam medali tersebut tak tertera tulisan ‘capres’, nomor urut dan foto cawapres Jokowi – Ma’ruf Amin. Dijelaskan Syaiful, ada dua unsur citra diri yang dilarang, yakni nomor urut dan foto pasangan calon.

“Jadi itu tidak termasuk dalam bahan kampanye. Tidak melanggar, karena salah satu unsur tidak terpenuhi,” beber Syaiful saat ditemui dilokasi acara.

“Kecuali di sana tertulis ’01’ terus ‘Capres Jokowi’. Banner yang terpasang sebagai imbauan bagi masyarakat dan tertulis sebagai Presiden Indonesia. Ini acara resmi Dirlantas yang mengusung keselamatan berkendara,” tandas Syaiful. (pra)

Related Articles

Back to top button