Politik

Kapolres Minta Parpol Serahkan STTP

Radarbekasi.id – Kepolisian Metro Kabupaten Bekasi mengimbau, partai politik (parpol) dan para calon anggota legislatif (caleg), untuk mengurus Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP), saat akan melakukan kampanye maupun pertemuan terbatas dengan masyarakat.

“Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 23 tahun 2018,caleg bisa mengurus sendiri STTP jika akan mengdakan pertemuan dengan masyarakat,” ujar Kapolres Metro Kabupaten Bekasi, Kombes Pol Candra Sukma Kumara, Minggu (17/2).

Ia menjelaskan, penyerahan STTP kepada pihak kepolisian, sebenarnya untuk kepentingan si caleg itu sendiri, karena akan mendapat pengamanan saat melakukan kampanye. Sehingga potensi kericuhan dan sebagainya bisa diminimalisir.

“Kami menginginkan, pelaksanaan kampanye di Bekasi ini bisa aman, tertib, tidak ada intimidasi, versikusi terhadap caleg yang ada di Kabupaten Bekasi. Makanya kami meminta peserta pemilu menyerahkan STTP setiap kalih mau melakukan kampanye,” imbuh Candra.

Menurutnya, dari hasil rapat rekomendasi bersama Bawaslu dan KPU, untuk kedepanya, akan mendatangi parpol satu persatu, agar mereka bisa mengikuti atura yang ada. Apalagi pemilu sudah semakin dekat.

Lanjut Candra, setiap pertemuan yang melibatkan parpol, pihaknya selalu menyosialisasikan ketentuan tersebut. Dan untuk mengurus STTP, tidak rumit. Pemohon cukup melampirkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El), penanggung jawab acara, lokasi acara, jadwal acara, jumlah peserta yang akan diundang.  “Tidak rumit. Caleg bisa langsung mengurus sendiri,” terangnya.

Lalu untuk pengamanan Pemilu saat pencoblosan, tambah Candra, pihaknya akan menurunkan lebih dari tujuh ribu personil ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk melakukan pengamanan.

“Dari sekarang kami sudah mulai melakukan pengamanan di setiap lokasi kampanye. Namun sampai saat ini belum ada laporan yang masuk terkait kerusuhan,” tegas Candra. (pra)

Related Articles

Back to top button