Berita Utama

Satu Bulan Tanpa Penanganan

Radarbekasi.id – Pohon tumbang yang berada di sisi Kali Alam, Kelurahan Harapan Jaya dibiarkan melintang tanpa ada penanganan dari pemerintah kelurahan atau kecamatan setempat.

Pohon tersebut telah lama tumbang akibat hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah sekitar. Akibatnya, mengganggu aliran air dan membuat dinding penahan atau turap mengalami kerusakan.

Warga setempat, Sidik (50) mengatakan, tumbangnya pohon tersebut terjadi sekitar satu bulan yang lalu. Tepatnya, saat wilayah itu diguyur hujan deras disertai angin kencang.

“Sudah cukup lama disisi kali alam itu bisa jadi sudah tua juga makanya bisa tumbang, beruntungnya tidak tumbang mengarah ke jalan,” katanya kepada Radar Bekasi, Minggu (17/2).

“Turapnya juga ikut rusak akibat tumbangnya pohon itu, sampai sekarang belum ada dari pemerintah kelurahan atau kecamatan untuk melihatnya bahkan mengevakuasinya. Padahal dulu sering sekali kali alam dibersihkan pada kegiatan K3, cuma sekarang sudah jarang lihat K3,” sambung Sidik.

Warga lainnya Joni (37) meminta, agar pohon rindang dan rawan tumbang di wilayah setempat bisa segera dilakukan pemangkasan. Mengingat di wilayah sekitar banyak pohon besar yang rawan tumbang sewaktu-waktu.

“Sebagai antisipasinya lebih baik dipangkas karna pohon itu banyak yang rawan tumbang di sepanjang wilayah, apalagi dikwatirkan musim hujan begini dan masih ada potensi angin kencang pada bulan-bulan ini,” terangnya.

Terpisah, Lurah Harapan Jaya, Dedy Suparjan mengatakan, pihaknya akan segera mengevakuasi pohon tumbang yang melintang di kali alam tersebut dengan melaporkannya ke dinas terkait.

“Akan saya laporkan pohon tumbang itu ke dinas penataan ruang agar bisa segera ditangani secepatnya. Karena kalau kami yang mengevakuasinya alatnya juga tidak memadai. Apalagi batang pohonnya besar-besar jadi dalam hal ini kewenangannya ada pada dinas,” jelasnya.(cr43)

Related Articles

Back to top button