Lingkungan

Warga Harapkan Normalisasi Kali Rawalumbu

Radarbekasi.id – Pemerintah Kota Bekasi diharapkan dapat kembali melakukan normalisasi Kali Rawalumbu yang berada di Jalan Lumbu Barat, Kelurahan Bojong Rawalumbu. Pasalnya, kali tersebut banyak  ditumbuhi tanaman liar sehingga terjadi pendangkalan dan berimbas banjir.

Pantauan Radar Bekasi, terdapat sejumlah titik di kali rawalumbu tersebut yang mengalami pendangkalan akibat lumpur yang mengendap. Selain itu, banyak tumbuhan liar yang menutup permukaan air kali.

Warga setempat, Norman (38) mengatakan, beberapa tahun lalu Pemkot Bekasi telah melakukan normalisasi. Namun pengerjaannya tidak merata. Sehingga, masih terdapat banyak tanaman liar di kali tersebut.

“Kalau merata pasti sudah bersih dari tanaman liar itu disini, tidak hanya terdapat tumbuhan liar, melainkan adanya lumpur yang mengendap di kali itu sehingga terjadi pendangkalan juga,” katanya, Minggu (17/2).

Dikatakan dia, pada tahun 2014 lalu permukaan Kali Rawalumbu tertutup dengan tumbuhan liar yang menyebabkan wilayah setempat kerap mengalami kebanjiran akibat meluapnya air kali tersebut.

“Empat tahun yang lalu sepanjang kali rawalumbu itu tertutup tumbuhan liar mulai dari jembatan 1 hingga jembatan 12 ini, bahkan pada hujan lima tahunan yang terjadi pada 2014 lalu air kali sampai meluap hingga ke jalan sehingga menyebabkan wilayah sekitar banjir,” ucapnya.

Sehingga, diperlukan untuk dilakukan normalisasi. “Diharapkan normalisasi kembali dilanjutkan hingga merata oleh pemerintah,” tandasnya.(cr43)

Related Articles

Back to top button