Pendidikan

Gali Kreatifitas Siswa Melalui Perjusa

Radarbekasi.id – SD Islam Al-Fajar kelurahan Kota Baru kecamatan Bekasi Barat, memiliki cara sendiri untuk mendidik anak didiknya menjadi mandiri dan berkarakter. Salah satunya yakni dengan kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) yang dilaksanakan di halaman sekolah.

Pembina Pramuka SD Islam Al-Fajar Reza mengatakan, perkemahansebagai bentuk ajang untuk menggali kreatifitas dan membentuk mental siswa.”Karena moto dari kegiatan perkemahan jumat sabtu ini adalah  Jadikan Arena Perkemahan jumat dan sabtu  2019 Sebagai Ajang Ukir Prestasi dan Gali Kreatifitas bagi para anggota Pramuka Penggalang,”terangnya.

Tidak seluruh siswa yang mengikuti perkemahan ini, hanya siswa kelas IV, V dan VI saja dengan membentuk 4 regu putra dan 4 regu putri. “Kegiatan ini diperuntukan hanya untuk tingkat kelas 4 sampai 6 saja dengan membentuk 8 regu yaitu 4 regu putra dan 4 regu putri,”imbuhnya.

Wakil kepala sekolah SD Islam Al-Fajar Ayani yahya menambahkan,banyak yang didapat siswa saat mengikuti perjusa. Hampir semua yang dipelajari di pramuka dapat di praktekkan dalam aktivitas sehari-hari mereka.

“Misalnya anak dilatih disiplin sejak dini maka akan terbiasa terlatih berdisiplin. Kedua melatih anak untuk bisa mengambil keputusan dalam hal apapun dan bertanggung jawab  dengan keputusan nya.Ketiga melatih anak untuk mandiri dalam mengurus keperluannya sendiri maka akan membentuk karakter yang lebih baik dan terbiasa melayani diri sendiri. Keempat menjadikan anak untuk kreatif dalam menyelesaikan tuhasnya dengan menggunakan ide cemerlang mereka. Kelima anak anak akan lebih mencintai alam karena kegiatan pramuka menuntut anak untuk berinteraksi dengan alam,”tandasnya. (mg9)

Related Articles

Back to top button