Berita Utama

KPU masih Kekurangan 1.100 Kotak Suara

Radarbekasi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mengaku masih kekurangan 1.100 kotak suara (logistik) untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Namun KPU telah menyelesaikan perakitan 6.500 kotak dan bilik suarayang akan digunakan pada Pemilu 17 April 2019. Tapi KPU Bekasi masih menunggu kiriman 220 kotak suara yang diajukan, karena ada perubahan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Perbaikan.

Kotak suara yang telah dirakit disimpan terpisah di dua gudang khusus, yakni di wilayah Bekasi Timur dan Jalan Jenderal Sudirman, Bekasi Selatan. Sesuai jadwal, tahapan kotak suara akan didistribusikan ke tingkat PPK dan PPS seminggu sebelum pencoblosan.

“Logistik kotak suara sudah selesai dirakit. Kekurangannya belum dikirim oleh KPU pusat,” tutur Komisioner KPU Kota Bekasi, Ali Assyifa, Senin (18/2).

Ia membenarkan, pihaknya (KPU Kota Bekasi,Red) saat ini masih menunggu kotak suara yang dijadwalkan datang pada Senin (18/2). Ali, memastikan semua logistik tersimpan aman di gudang. Karena gudang penyimpanannya dijaga sesuai SOP pengamanan, dengan melibatkan pihak kepolisian.

Terkait kekurangan kotak suara, Ali mengaku belum mengetahui jadwal pasti dikirim ke KPU Kota Bekasi. Namun, kemungkinan besar pascapenyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“Daftar pemilih yang menggunakan KTP-El dari luar Kota Bekasi, cukup banyak yang melapor untuk menggunakan hak pilih di Kota Bekasi,” terang Ali.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 32 Tahun 2018, tentang jadwal dan tahapan pemilu, logistik akan mulai didistribusikan sepekan sebelum Pemilu berlangsung. Mengacu pada PKPU tersebut, seminggu sebelum pelaksanaan, seluruh logistik mulai didistribusikan ke seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Kemudian tiga hari sebelum pelaksanaan, logistik sudah harus sampai ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan satu hari sebelum pelaksanaan, semua logistik Pemilu harus sudah ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Untuk TPS di Kota Bekasi, jumlahnya mencapai 6.720,” beber Ali.

Mengenai surat suara, KPU menyiapkan cadangan dua persen untuk setiap TPS. Dikatakan Ali, hal ini untuk mengantisipasi DPK yang datang ke TPS menggunakan KTP-El.

“Disetiap TPS itu kami siapkan cadangan dua persen dari jumlah DPT  bagi DPK yang menggunakan KTP-El dari luar Kota Bekasi,” tandasnya.

Pihaknya berharap, masyarakat dapat turut berperan aktif dalam mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini. Ia pun meminta semua elemen masyarakat ikut terlibat mesosialisasikan pelaksanaan Pemilu 2019, agar angka partisipasi bisa melewati target nasional yang dicanangkan KPU RI sebesar 77,5 persen. (sur)

Related Articles

Back to top button