Metropolis

Kuota Jamaah Haji Kota Bekasi Meningkat

Radarbekasi.id – Kuota Jamaah Haji Kota Bekasi tahun ini mengalami peingkatan. Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bekasi, mencatat tahun 2019 ini Kuota Jamaah Haji di Kota Bekasi mencapai 2871 orang, lebih banyak dari tahun 2018 yang tercatat sebanyak 2038 jemaah haji.

Namun, jumlah kuota tersebut belum di pastikan dari Kantor Wilayah (Kanwil). Sehingga jumlah tersebut belum bisa dipastikan akan berangkat seluruhnya. Kemenag Kota Bekasi berharap tidak ada pengurangan Jamaah haji yang terdaftar dan brangkat di tahun 2019 ini.

“Yang penting jangan dikurangi dan ini belum pasti mudah-mudahan tidak berkurang.” Kata kepala seksi  Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU), kementrian Agama Kota Bekasi, Sri Siagawati kepada Radar kemarin Senin (18/2).

Dia mengatakan, jumah jamaah haji tersebut masuk dalam kuota regular. Sementara untuk Pemberangkatan Ibadah Haji Khusus (PIHK), dia belum mengetahui. Karena ketentuan untuk haji khusus berada di pemerintah pusat.

Sri menambahkan, jamaah haji yang keberangkatannya di tunda pada tahun 2018 baik yang tunda keberangkatan belum lunas mau pun sudah lunas sebayak 240 jamaah. Untuk tahun 2019 ini yang baru masuk ke pihaknya PHU, ada enam orang.

“Yang ditunda itu bisa di berangkatkan tahun ini dan masuk porsi tahun ini, karena Vrerifikasi kita masih estimasi dan mereka juga sudah buat surat mernyataan bahwa akan menunda keberangkatan di tahun lalu.” ucap Sri.

Menurutnya, haji yang di tunda itu ada dua macam, yaitu ditunda sudah melunasi dan ada tunda yang belum melunasi pembayaran.”Kuota tidak terpenuhi maka diisi dengan tahapan ke dua yaitu untuk pengajuan Lansia, pendamping lansia dan cadangan sebanyak 5 persen.”ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Agama Kota Bekasi Mujani berharap tidak ada pengurangan kuota untuk pemberangkatan Jamaah haji di tahun ini. Sedangkan usia jamaah haji hampir sama seperti tahun-yahun sebelumnya, yakni didominasi jamaah berusia diatas 50 tahun.

“Kalau untuk anak – anak yang berangkat haji itu tidak ada, karena ketentuannya. Untuk pelunasan itu umurnya harua 18 tahun. Kalau misalnya mereka mendaptar pada umur 12 tahun yang harus di perhatikan jika lunas sudah di usia 18 tahun itu diperbolehkan berangkat haji, jika di bawah 18 atau 17 tahun ya mereka harus menungga agar usianya mencukupi.”terangnya.

Sementara persiapan di Asrama Haji Embarkasi Jakarta Bekasi, dia mengku belum mengetahui. Karena, pengelolaannya saat ini sudah di pihak swasta.“Mungkin itu bisa langaung di tanyakan ke embarkasinya untuk persiapan seperti apa, sarana dan prasana, karena itu bukan kewenangan kita. Tetapi itu kewenangan pihak UPT Asrama Haji Jawa Barat.”ujarnya.(pay)

Related Articles

Back to top button