Metropolis

Bantah Logo Hasil Plagiat

Radarbekasi.id – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Kominfostandi) Kota Bekasi membantah bahwa logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke 22 Kota Bekasi merupakan plagiat.

Sekretaris Dinas Kominfostandi Kota Bekasi Asep Kadarisman mengatakan,  logo HUT ke 22 Kota Bekasi merupakan logo hasil karya Abdul Kuncoro atau yang akrab disapa Engkun. Dia merupakan salah satu anggota Perkumpulan Keriaan Bekasi.

“Ada sepuluh kontribusi warga dan komunitas Bekasi untuk pembuatan logo tahun ini. Dan hasil karya Engkun menjadi pilihan,” kata Asep Kadarisman.

Logo terpilih tersebut merepresentasikan tema hari ulang tahun ini yaitu kualitas aparatur modal dasar merajut kebhinekaan untuk menjaga NKRI dalam mewujudkan Kota Bekasi yang cerdas, kreatif, maju, sejahtera, dan ihsan.

Sementara itu, Engkun menjelaskan, logo ini benar ciptaan sendiri dan bukan merupakan jiplakan atau ciptaan pihak lain serta tidak bertentangan dengan Hak Cipta atas logo pihak lain manapun, dan sudah dituangkan dalam bentuk surat pernyataan bermaterai cukup. Jika ada kemiripan design logo HUT Kota Bekasi ke 22 tersebut dengan desain lain, menurutnya merupakan hal yang wajar dalam dunia desain.  “Ini hasil karya saya disesuaikan tema dan visi Kota Bekasi termasuk saya cantumkan Bekasi Ihsan,” kata Engkun.

Dia  juga memasukan ikon infrastruktur yang menjadi kebanggaan warga Kota Bekasi diantaranya Tugu Patriot, Gedung RSUD, Stadion Candrabhaga, dan Rumah Ibadah melambangkan Patriot 4.0. Rumah Ibadah representasi dari keragaman umat di Kota Bekasi. “Ikon-ikon ini saya tambahkan ke dalam desain untuk menggambarkan kemajuan dan keberagaman Kota Bekasi yang Ihsan,” tukasnya.

Engkun menjelaskan,  representasi tema tersebut di wujudkan melalui bentuk dan warna terpilih sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh yakni warna Merah yang melambangkan energi, semangat, kekuatan, dan Keberanian.

Kemudian Warna Kuning, melambangkan kehidupan sosial egaliter, harmonis serta rukun. Warna Hijau, melambangkan religius, dan kesuburan. Sementara warna Coklat, melambangkan aparatur yang berkerja untuk memajukan dan menjaga kesejahteraan Kota Bekasi, dan warna Biru melambangkan ketenangan, keluasan wawasan, dan kreatif.

Angka 22 dikatakan olehnya didesain menggunakan format vector bebas yang digabung memiliki makna merajut kebhinekaan dalam menjaga NKRI dalam mewujudkan Kota Bekasi yang cerdas, kreatif, maju, sejahtera dan ihsan. “Angka ini saya peroleh dari pencarian internet dan bebas digunakan siapapun,” imbuhnya. (sur)

Related Articles

Back to top button