Metropolis

Cerita Ibu Melahirkan di Toilet Puskesmas Kaliabang Sempat Teriak, Petugas Jaga Sedang Persiapan Sholat

Radarbekasi.id – Suasana puskesmas kecamatan Bekasi Utara yang tadinya hening mendadak gempar, pada minggu sore (17/2) kemarin. Pasalnya, salah seorang pasien diketahui melahirkan di dalam kamar kecil puskesmas tersebut.

Peristiwa bermula, ketika salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya ini ingin memeriksakan kandungannya di Puskesmas. Ibu yang sedang mengandung anak ke 9 ini pergi ke kamar kecil, karena ingin membuang air.

“Mungkin karena sudah tidak tahan lagi nahan mules, akhirnya melahirkan,” kata Kordinator Tata Usaha (TU) Puskesmas Kaliabang Tengah, Utami kepada Radar Bekasi.

Dia mengaku, kejadian tersebut diduga akibat petugas medis yang piket sore itu tidak mengetahui ada pasien yang datang ke Puskesmas, “Untungnya ibu yang melahirkan serta bayi dalam kondisi sehat dan selamat.” imbuhnya.

Menurutnya, pasien tersebut rutin melakukan pemeriksaan kehamilan di Puskesmas Kaliabang Tengah ini. Dia juga mengaku kenal dengan pasien tersebut, “Saya tahu pasien tersebut, dia sudah rutin periksa kehamilannya ke Puskesmas ini,” kata Utami, kemarin Selasa (19/2).

Saat peristiwa terjadi, kata Utami, tidak ada petugas medis berada di tempat. Utami mengaku, semua petugas jaga sedang berada di pos jaga yang terletak di ruangan belakang, selain itu ada petugas yang sedang persiapan untuk salat magrib, sehingga tidak mendengar ada pasien datang. Sementara kamar kecil berada di luar puskesmas.

“Karena saat kejadian itu memang ingin memasuki waktu magrib sehingga ada petugas yang sedang siap-siap salat magrib. Kebetulan kamar mandi puskesmas ini pisah dengan gedung puskesmas,” terangnya.

Dari pengakuan keluarga pasien, menurut Utami, pasien sempat memanggil-manggil petugas medis yang saat itu sedang piket dan yang jaga, namun tidak ada satupun yang mendengar.”Ya karena letak kamar mandi yang pisah tersebut, jadi gak kedengeran.”imbuhnya.

Pada saat  pasien memanggil petugas jaga, satu orang sedang persiapan sholat magrib dan satu lagi berada pos jaga  yang terletak agak di belakang Puskesmas yang letaknya berjauhan dari pintu depan sehingga tidak terdengar.

“Sebenarnya ada dua petugas medis yang piket saat itu, cuma waktu ibu tersebut datang tidak ada orang didepan karena kebetulan Office Boy (OB) sedang keluar. Sedangkan Petugas medis juga sedang berada dibelakang, satu petugas hendak persiapan sholat magrib, satu lagi berada di pos Jaga bagian belakang, jadi petugas jaga tidak mendengar ada pasien memanggil,” terangnya.

Setelah melahirkan,  ibu dan bayi sempat di bawa oleh pihak keluarga ke bidan terdekat guna mendapat tindakan lebih lanjutan. Lalu.  pasien dirujuk kembali ke Puskesmas  untuk mendapatkan perawatan.”Kita terima Ibu dan bayi untuk mendapatkan perawatan di Puskemas, kondisi keduanya sehat, tidak ada masalah dan pasien sudah pulang tidak lama di Puskesmas,”ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Sumpono Brama mengaku sudah mendapat laporan secara lisan dari pihak Puskesmas Kaliabang Tengah terkait peristiwa seorang pasien ibu hamil melahirkan di toilet Puskesmas.

“Pihak Puskesmas sudah melapor kejadian tersebut, cuma baru sebatas laporan secara lisan saja, untuk laporan detail kronologi kejadian saya belum dapat laporan tertulisnya,” kata Sumpono ditemui  dikantor Dinkes Kota Bekasi.

Kendati demikian, saat di konfirmasi kepihak yang bersangkutan, pihak keluarga masih belum bisa di mintai keterangan terkait kelahirannya di dalam kamar kecil Puskesmas Kaliabang tengah itu.”Keluarga belum bsia dimintai keterangan,”tandasnya. (Pay)

Related Articles

Back to top button