BisnisEkonomi

Nelayan Pilih Rumput Laut Ketimbang Ikan

Radarbekasi.id – Nelayan yang berada di Kampung Mandala Jaya, Desa Segara Jaya beralih mencari rumput laut. Karena, dinilai lebih menguntungkan dibanding mencari ikan.

Pantauan Radar Bekasi, sejumlah ibu-ibu di wilayah setempat tengah menjemur rumput laut untuk dikeringkan. Mereka adalah istri dari nelayan setempat.

Salah satu nelayan, Matup (50) mengatakan, nelayan setempat beralih mencari rumput laut sejak bulan November 2018. Hal itu dilakukan untuk menyiasati turunnya tangkapan ikan.

“Sudah tiga bulan ini saya dan nelayan lainnya mencari rumput laut karena harga rumput laut sekarang ini menguntungkan. Saat ini harga rumput laut kering kami jual ke pengepul seharga Rp30 ribu per kilogram. Sementara untuk rumput laut basah Rp20 ribu per kilogram, sekarang tangkapan ikan lagi menurun,” katanya, Selasa (19/2).

Dikatakan dia, setelah proses menjemur dan pengeringan selesai rumput laut nantinya diambil oleh sejumlah pengepul dari berbagai wilayah di Kabupaten Bekasi.

“Jadi kami tidak perlu menyambangi pengepul, malah pengepul yang mendatangi kami. Berbeda kalau hasil tangkapan ikan, kami yang ke sana untuk menjualnya, nelayan di sini tidak perlu susah-susah memasarkannya karena pengumpul datang langsung,” ucapnya.

Menurut dia, dalam sehari nelayan setempat rata-rata bisa mendapatkan dua kuintal rumput laut yang dicari selama kurang lebih lima jam. Yakni, sejak pukul 03.00 WIB hingga 08.30 WIB.

“Kalau cuaca tidak mendukung untuk mencari rumput laut, paling hanya beberapa jam saja demi keselamatan. Mudah-mudahan harga rumput laut bisa terus normal dan syukur-syukur bisa naik harganya,” tuturnya. (cr43)

Related Articles

Back to top button