Lingkungan

Kelola Sampah Lewat BUMDes

Radarbekasi.id – Pihak kecamatan dan pemerintah desa diminta berperan aktif mengelola sampah. Salah satu caranya melalui BUMDes. Hal itu berdasarkan hasil rapat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi bersama dengan pihak desa, kecamatan di Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi belum lama ini.

Kepala Bidang Kebersihan pada DLH Kabupaten Bekasi, Dodi S Apriyanto mengatakan, peran aktif desa dalam mengelola sampah tertuang dalam Perbup Nomor 57 Tahun 2017.

“Desa sangat diharapkan dalam pengelolaan sampah. Maka dari itu BUMDes minta diberdayakan untuk mengelola sampah,” katanya.

Dodi mengakui, pihaknya belum bisa mengangkut seluruh sampah se-Kabupaten Bekasi. Alasannya, kata dia, keterbatasan armada pengangkut sampah.

“Idealnya kita butuh 400 lebih armada pengangkut sampah. Sementara saat ini baru ada sekitar seratusan armada,” katanya.

Dampak dari kurangnya armada, ada sampah perumahan yang tidak terangkut. Seperti di wilayah selatan Kabupaten Bekasi.

“Armada di UPTD wilayah VI ada 17 armada. Cikarang Selatan lima armada, Serangbaru tujuh armada dan Cibarusah lima armada,” katanya.

“Kita kekurangan armada kalau dilihat dari jumlah desa dan kecamatan dibandingkan dengan jumlah armada. Maka dari itu harus ada peran aktif dari desa dan kecamatan,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Cecep Noor mengaku kecewa dengan kinerja DLH, khususnya Bidang Kebersihan.

“Masalah sampah liar efek arus urbanisasi yang semakin banyak mulai dari pengusaha, PKL bahkan warung. Cukup banyak bahkan keberadaan TPST di desa dan wilayah juga tidak jelas. Bahkan pengangkutan dan sosialisasi sampah yang ada tidak jelas,” ujarnya.

“Masalah kebersihan tidak bisa dikerjakan sendiri oleh Bidang Kebersihan. Walaupun kendaraannya banyak tetapi ada kurang komunikasi yang terjalin,” tambahnya. (enr/pojokjabar)

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button