Cikarang

Pembuatan KTP el Terkendala Blangko

Radarbekasi.id – Pembuatan KTP el di Kabupaten Bekasi terkendala ketersidaan blangko. Sehingga, masih terdapat sebanyak ribuan warga yang belum mengantongi kartu identitas tersebut. Demikian disampaikan Kepala Seksi Pendataan Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, Dudin.

Ia mengungkapkan, selama ini pihaknya hanya mendapat 500 hingga 2000 keping blangko KTP el dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hanya saja, dalam tiga pengiriman terakhir, Kabupaten Bekasi mendapat 20 ribu blangko. Diharapkan agar proses pencetakan bisa lebih cepat.

“Kendala selama ini memang masih diblangko. Jumlah penerima dan jumlah pemohon tidak imbang,” ucapnya, Rabu (20/2).

Pendistribuan blangko, lanjut Dudin, diprioritaskan bagi kecamatan yang padat penduduk.  Namun, kecamatan lain juga mendapatkan jatah blangko. Karena, perekaman dan pencetakan KTP dapat di kantor kecamatan.

Untuk mempercepat perekaman dan pencetakan, pihaknya membuka layanan KTP keliling. Tujuannya, agar warga yang belum mempunyai KTP bisa mau mengurusnya.

Karena, tidak bisa dipungkiri terkadang ada warga yang enggan mengurus pembuatan KTP el dengan beragam alasan.

“Kita sudah bekerja keras selama ini. Terkadang permasalahan tidak hanya di blangko, tapi karena males mengurus juga,” tuturnya. (pra)

Related Articles

Back to top button