Politik

10 Orang Rakit 39 Ribu Kotak Suara

*Bawaslu Minta Jumlah Pekerja Ditambah

Radarbekasi.id – Sekitar 39 ribu kotak suara untuk Pemilu 2019 mulai dilakukan perakitan di gudang logistik pada Selasa (19/2) lalu. Dengan memanfaatkan sepuluh orang pekerja, awal Maret 2019 perakitan kotak suara ditargetkan bisa selesai.

Hal ini disampaikan Pelaksana Bidang Logistik KPU Kabupaten Bekasi, Pajar. Kata dia, perakitan kotak suara itu ditargetkan selama satu Minggu. Paling tidak sebelum surat suara turun, perakitan kota suara selesai semua.

“Kami targetkan sebelum surat suara turun, perkaitan kotak suara sudah beres,” ucapnya saat ditemui di gudang logistik KPU, belum lama ini.

Pajar mengakui, jumlah kotak suara yang ada sekarang masih kurang, sebab jumlah yang dikirim masih menggunakan data saat Pilgub 2018 lalu. Sehingga untuk Pemilu 2019, masih ada kekurangan kotak suara sekitar 790.

Mengenai jumlah pekerja yang melakukan perkaitan kotak suara yang ditargetkan satu minggu, menurut Pajar sedikit kewalahan. Sehingga tidak tertutup kemungkinan bakal ada penambahan tenaga.

“Kami akan lihat dulu, kemungkinan bisa saja ada penambahan tenaga kerja. Pasalnya jumlah kotak suara itu juga masih terus bertambah,” terang Pajar.

Dia menambahkan, untuk penyimpanan kotak suara setelah dilakukan perakitan, masih tetap di gedung logistik KPU, karena tempatnya sudah dipastikan aman. Hanya saja bakal ada penambahan palet, sehingga saat musim hujan dan terjadi banjir, tidak akan basah.

“Nanti akan ditambah palet. Kalau sekarang, kotak suara tidak ada yang rusak,” tandasnya.

Sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Bekasi meminta agar KPU menambah pekerja untuk melakukan perakitan kotak suara, agar cepat selesai. Sebab, untuk merakit satu kotak suara butuh dua orang dan menghabiskan waktu lebih dari satu menit.

“Melihat lamanya durasi perakitan, Bawaslu menyarankan ada penambahan tenaga kerja untuk merakit kotak suara,” imbuh Wakil Koordiv Pengawasan Bawaslu Kabupaten Bekasi, Alif Widada, saat meninjau gudang logistik KPU.

Menurut Alif, akhir Februari 2019, perakitan kotak suara sudah harus selesai semua, dan awal Maret mulai masuk proses pelipatan surat suara. Dan untuk saat ini, hanya ada sepuluh pekerja yang merakit kotak suara dengan jumlah yang cukup banyak, sehingga butuh penambahan, agar proses perakitan bisa lebih cepat.

“Kami minta kepada KPU, paling tidak ada penambahan sepuluh orang lagi,” sarannya. (pra) 

Related Articles

Back to top button