Metropolis

Menengok Saung Minum Gratis Warga Kampung Bulak

Radarbekasi.id – Warga yang berada di lingkungan RT 002 RW 03, Kampung Bulak, Desa Mekarsari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, secara swadaya mendirikan saung minum gratis yang dikhususkan bagi pengguna jalan yang melintas di wilayah setempat. Bagaimana latar belakangnya?. Berikut Laporannya.

Masyarakat dan pengendara yang haus dan tidak membawa minuman tidak perlu khawatir saat melintas di RT 002/003, Kampung Bulak, Desa Mekarsari Tambun Selatan.

Warga setempat, dengan swadaya menyediakan minuman gratis bagi pengendara. Jadi, pengendara hanya tinggal mampir saja ke tempat yang disebut sebagai Saung Minum Gratis itu.

Ketua RT002, Encu Suhara mengatakan, saung tersebut didirikan warga setempat secara swadaya sejak setahun yang lalu. Khusus untuk masyarakat yang tengah beristirahat atau saat melintas di pemukiman setempat.

“Sudah setahun saung minum gratis ini berdiri dengan tujuan berbagi sesama, siapapun yang membutuhkan air minum tersebut silakan mengambilnya baik itu pedagang ataupun masyarakat yang pada saat itu melintas di jalan ini, misalnya ada pengendara yang mengantuk terus ingin seduh kopi di saung minum gratis tersedia juga air panasnya,” katanya kepada Radar Bekasi, Kamis (21/2).

Dikatakan dia, saung minum gratis yang didirikan warga setempat tersebut keberdaannya tidak sia-sia. Lantaran, disambut antusias dari pengguna jalan yang memanfaatkanya untuk sekedar melepas lelah.

“Artinya warga di sini mendirikan saung minum gratis ini tidak sia-sia keberadaannya, tidak mubazir. Karena setiap hari ada pengguna jalan untuk berhenti sekedar melepas lelah. Keberadaanya saung juga bersampingan dengan masjid. Jadi sehabis solat banyak masyarakat untuk melepas dahaga,” ucapnya.

Menurut dia, warga setempat berniat untuk menambah saung minum gratis tersebut yang nantinya akan didirikan disamping musala yang berdekatan dengan jalan pemukiman sekitar.

“Insya Allah mau nambah satu lagi saung minum gratis itu karena kami lihat keberadaannya sangat benar-benar bermanfaat bagi pengguna jalan. Kami juga mau tambah di saung itu seperti kopi dan teh jadi tidak hanya air putih saja,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarsari, Linda Ekawati mengapresiasi apa yang dilakukan warga di pemukiman tersebut untuk mendirikan saung minum gratis yang dikhususkan bagi pengguna jalan yang saat itu tengah melintas di wilayah setempat.

“Jadi jelas warga kami sangat solid, warga sangat peduli. Apalagi, air minum itu banyak dimanfaatkan bagi para pedagang. Mudah-mudahan warga lainnya dapat termotivasi dari warga tersebut,” tuturnya. (*)

Related Articles

Back to top button