CikarangLingkungan

Tepi Kali jadi TPS Liar

Radarbekasi.id – Warga yang berada di Kampung Kalibaru, Desa Mangun Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, menjadikan sisi kali sebagai tempat pembuangan sampah (TPS) liar. Hal tersebut terlihat pada kedua sisi saluran.

Warga terpaksa membuang sampah lantaran tidak tersedianya bak sampah di wilayah setempat. Menumpuknya sampah juga kerap dibakar oleh warga setempat sehingga mengganggu kenyamanan pengguna jalan.

Selain itu, juga membuat kesan kumuh di sekitar pemukiman akibat aroma yang dikeluarkan dari sampah rumah tangga itu pun terasa sangat menyengat.

Warga sekitar, Nawawi (55) mengatakan, terpaksa membuang sampah di tepi kali karena di pemukiman tersebut tidak tersedianya bak sampah, diharapkan Pemerintah Kabupaten Bekasi menyediakan bak sampah di wilayah setempat.

“Sekiranya penuh terpaksa buang di situ karena tidak ada tempat bak sampah yang tersedia. Jadi sampah itu ditumpuk di tepi saluran sampai sampah yang ada diambil oleh petugas kebersihan. Kami hanya mengharapkan dari pemerintah setempat bisa menyediakan bak sampah atau amrol di pemukiman ini,” katanya kepada Radar Bekasi, Minggu (24/2).

Dikatakan dia, permintaan bak sampah atau amrol di pemukiman setempat sudah dilaporkan oleh warga kepada pemerintah desa.

“Agar warga sekitar juga bisa tertib membuang sampah dan tidak membuang sampah sembarangan. Kami juga ingin lingkungan kami bersih kalau sampe sekarang belum ditanggapi kondisinya akan seperti itu-itu saja,” ucapnya

Sementara itu, warga lainnya Mulyani (43) mengatakan, keberadaan bak sampah atau amrol tersebut sudah dinanti-nantikan oleh warga setempat agar warga tidak membuang sampah di sisi kali tersebut.

“Supaya tepi kali tidak terus-terusan seperti itu kami sadar membuang sampah di situ salah, mau bagaimana lagi warga juga cuma berharap adanya tempat pembuangan sampah sementara,” terangnya.

Terpisah, Kepala Desa Mangunjaya, Idi Rohidi mengatakan, pihaknya telah mengupayakan untuk menyediakan bak sampah atau amroll di pemukiman tersebut.

“Saat ini tengah diupayakan dari pihak desa agar Dinas Lingkungan Hidup segera untuk memberikan bak sampah atau amrol di sana agar warga tidak terus menerus membuang sampah di tepian kali itu,” katanya.

“Untuk mencegah semakin menumpuknya sampah di tepi kali itu, saya bersama staf memonitor ke wilayah tersebut untuk memberikan himbauan penyuluhan agar warga bisa sadar bahwa kebersihan sangat penting untuk kesehatan dan keindahan,” tandas Idi. (cr43)

Related Articles

Back to top button