Kesehatan

Dinkes Tekan Angka Difteri

Radarbekasi.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, berupaya menekan angka kasus difteri. Di awal tahun 2019 ini, Dinkes Kota Bekasi mencatat ada tiga kasus warga Kota Bekasi yang terjangkit virus difteri. Sedangkan pada tahun 2018 lalu diketahui ada 26 kasus difteri, 4 orang positif dan 1 orang diantaranya meninggal dunia.

“Sedangkan di tahun 2017 memiliki jumlah yang sama yakni 26 kasus, positif empat orang sedangkan yang meninggal tidak ada.” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas kesehatan Kota Bekasi, Dezi Syukrawati.

Menurutnya, virus difteri hampir sama dengan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Karena penyakit difteri itu harus dilawan dan harus ada kemauan dari orang tua untuk memberikan imunisasi kepada anaknya.

“Imunisasi itu adalah hak anak, apabila orang tua menolak kita tidak bisa memaksa, berarti orang tua itu telah melanggar hak anaknya untuk sehat, itu selalu kita himbau ke masyarakat, sekarang ini masyarakat sudah cukup antusias sehingga kasus difteri menurun karena hak anak dipenuhi orang tuanya.” terangnya.

Menurutnya hingga saat ini, ada dua penyakit yang masih menjadi pantauan Dinkes Kota Bekasi yakni, DBD dan difteri. Meski sudah dipantau dan diberikan imunisasi akan tetapi kasus dan dugaan penyakit masih tetap ada.

“Sehingga kita tunda untuk menyuntiknya, dan suntik yang kedua yang pertama tidak bisa akan bisa kita suntik. Kalau kita masih belum percaya jika semua sudah mendapatkan suntikan, maka akan kita lakukan lagi suntikan yang ketiga,” ujarnya.

Untuk vaksinnya sendiri, Dezi mengaku pemerintah Kota Bekasi tidak kekurangan dengan vaksin, karena vaksin itu sudah disediakan dari pemerintah Pusat. Yang kurang menurut Dezi adalah warga yang ingin diberikan vaksin.

“Walau ada isu bahannya tidak halal, kita mau gimana lagi karena produksi bahannya tidak ada pilihan kalau ingin sehat ya tidak masalah untuk menggunakan, toh itu adalah obat untuk mencegah penyakit,” ungkapnya.

Untuk mencegah difteri menyerang masyarakat, Dinkes Kota Bekasi terus menyosialisasikan dan menghimbau kepada masyarakat untuk mengajak anaknya melakukan imunisasi, baik imunisasi rutin maupun imunisasi di sekolah pada saat Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). “Maka dari itu jagalah kesehatan, jika kesehatan sudah terjaga difteri tidak akan menyerang terhadap tubuh yang sehat” tandasnya. (pay)

Related Articles

Back to top button