Berita Utama

Sekolah Pinjam Laptop ke Siswa

*MA Al-Islah Siap Menghadapi UNBK

Radarbekasi.id – Berbagai persiapan terus dilakukan oleh sekolah menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), baik secara materi pelajaran yang diujikan, teknis, hingga sarana dan prasarana yang ada. Persiapan dilakukan guna mencapai hasil yang memuaskan.

Wakil Kepala Madrasah Aliyah (MA) Al-Islah, Desa Tanjungsari, Cikarang Utara Endang Rosadi mengatakan, persiapan dilakukan mulai dari materi pelajaran yang akan diujikan maupun secara teknis. “Untuk persiapan UNBK tahun ini berjalan lancar. Segala sesuatunya sudah dipersiapkan oleh pihak sekolah,” katanya saat dihubungi Radar Bekasi.

Untuk persiapan materi pelajaran, pihak sekolah sudah dua kali melaksanakan try out, yakni try out sekolah dan try out provinsi. Namun, dalam pelaksanaan try out terdapat beberapa masalah. Seperti adanya materi soal yang salah penulisan. Namun, menurut Endang, itu merupakan hal yang biasa.

“Tapi sejauh ini, baik hal-hal yang bersifat teknis ataupun yang lainnya, tidak ada masalah yang terlalu signifikan. Seperti salah penulisan dalam materi soal sepertinya jadi hal yang biasa. Itu memang kerap terjadi di tahun sebelumnya juga,” kata Endang.

Ending mengaku, persiapan UNBK tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Namun, lanjut Endang, ia tetap mengingatkan kepada para teknisi sekolah untuk lebih menguasai dan memahami teknis-teknis komputer menjelang UNBK agar tidak menjadi masalah yang bisa merugikan siswa. “Jadi nanti pas UNBK sudah menguasai kembali pengoperasian aplikasi yang sudah ada,” kata Endang.

Tahun ini, sebanyak 23 siswa siswa MA Al-Islah akan mengikuti UNBK. Fasilitas komputer yang akan digunakan pada saat pelaksanaan UNBK nanti sudah disiapkan pihak sekolah sebanyak 16 unit, dibantu dengan siswa yang memiliki laptop sendiri sebanyak 7 unit. Hal tersebut, kata Endang, sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan siswa pada saat pelaksanaan UNBK nanti.

“Walaupun kita masih serba kekurangan, tapi fasilitas, seperti komputer, akan terus kita lengkapi. Karena itu, kan, sekarang sudah menjadi kewajiban sekolah untuk menyediakannya,” lanjut Endang.

Endang mengatakan, pihak sekolah sudah siap melaksanakan UNBK. Semua kegiatan terkait persiapan UNBK sudah dilakukan. “Alhamdulillah, kita sudah menjalani aturan, simulasi sudah kita lewati. Sekarang tinggal menunggu gladinya nanti. Kita, pihak sekolah dan siswa, sudah siap berjuang,” ungkap Endang.

Pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menetapkan jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun pengajaran 2018-2019. UN 2019 akan dilaksanakan dalam dua pilihan sistem, yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP). Untuk jadwal pelaksanaan UNBK tingkat SMA/MA akan dilaksanakan pada tanggal 1-8 April 2019. (cr45)

Related Articles

Back to top button