Pendidikan

Belajar Langsung ke Bank Indonesia

Radarbekasi.id – Badan Eksekutif Mahasiswa dan Himpunan mahasiswa jurusan akuntansi fakultas ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya mengadakan study visit ke bank indonesia. Kegiatan ini bagian dari pendalaman materi mata kuliah.

Ketua panitia penyelenggara Wiwit Oktaviani mengaku, kegiatan ini diikuti sebanyak 66 mahasiswa, ”Di sana kita diberi pengetahuan terkait bank indonesia sendiri, di mulai dari sejarahnya, peredaran uangnya, dan juga diberi tahu tentang sistem akuntansi di bank indonesia,”ungkap Wiwit.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa diberi pemahaman terkait pembahasan sistem akuntansi bank sentral yang memiliki posisi aktiva bersih dalam valuta asing dalam jumlah yang relatif besar. Hasil revaluasi ini diakui sebagai keuntungan atau kerugian periode berjalan dan dilaporkan dalam laporan laba rugi.

Tujuan bank sentral bukanlah untuk mencari keuntungan sebagaimana bank–bank umumnya tetapi memelihara dan mencapai nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ada 2 yaitu kestabilan terhadap mata uang negara asing yang diukur dengan kurs dan kestabilan terhadap barang dan jasa yang diukur dengan tingkat inflasi.

Wiwit mengaku materi yang didapat di bangku kuliah ternyata sama dengan praktek yang dijabarkan oleh bank indonesia. “Mulai dari pelaporan keungan, namun ternyata ada perbedaan pelaporan yang saya pelajari ada 5 tahapan namun di bank indonesia hanya tiga, karena sistem pelaporan keungan di bank indonesia dan perusahaan itu berbeda. Semoga kunjungan kami ke bank indonesia bermanfaat ,” tandasnya. (mg9)

Related Articles

Back to top button