Berita Utama

Belasan SMK Bakal Direvitalisasi

Radarbekasi.id – Kantor cabang dinas (KCD) wilayah III Provinsi Jawa Barat, mengajukan belasan sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) di Kota dan Kabupaten Bekasi untuk mendapatkan manfaat program revitalisasi sekolah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun 2019.

Hal ini ditegaskan Kepala KCD Wilayah III Provinsi Jawa Barat, Heri Pansila. Dia mengaku, pihaknya telah mengajukan 15 sekolah SMK untuk direvitalisasi tahun 2019 ini. Sampai dengan saat ini, pihaknya masih menunggu keputusan dari Kemendikbud terkait dengan nasib sekolah yang telah diusulkan.

“Nah ini kita belum punya datanya ya untuk tahun ini, nanti tinggal nunggu aja datanya, nunggu informasi lah kepastiannya ini kan masih awal tahun anggaran ya. Ada, banyak itu (yang lah diajukan),” katanya.

Dia mengaku, total terdapat sebanyak 28 sekolah SMK Negeri di wilayahnya, terdiri dari 15 SMKN di Kota Bekasi dan 13 SMKN di Kabupaten Bekasi. Revitalisasi, kata Heri, berupa perbaikan sarana dan prasarana, diantaranya adalah membangun ruang praktek siswa (RPS) di sekolah yang belum memiliki ruangan tersebut.

Pada tahun ini pihaknya akan mengarahkan SMK untuk memiliki asesor sendiri terkait dengan kebutuhan untuk menyediakan lembaga sertifikasi profesi (LSP). “Supaya mereka bisa menjadi SMK yang mandiri, apalagi sekarang ada LSP, jadi mungkin akan kita arahkan semua sekolah ke arah sana, jadi mereka bisa memiliki asesor-asesor sendiri,” imbuhnya.

Sementara itu, Kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia tahun ini menargetkan akan merevitalisasi 280 SMK se-Indonesia. Di Kota Bekasi, SMKN 2 Kota Bekasi menjadi salah satu sekolah yang akan menerima revitalisasi di tahun 2019 ini.

“Ini SMK yang di wilayah TPA saya minta untuk diperhatikan, akan jadi salah satu SMK yang mendapatkan program revitalisasi tahun ini. Saya nggak tau persis jumlahnya (SMK di Bekasi yang mendapatkan program revitalisasi),” kata Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Efendi saat mengunjungi SMKN 2 Bekasi. (sur)

Tags
Close