Cikarang

BSN Permudah UMKM

Radarbekasi.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju Juhaeri bersama Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya meresmikan Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN cabang Kabupaten Bekasi di Ruko Notredame, Delta Mas, Selasa (26/2).

Uju mengatakaan, dengan adanya pelayanan BSN di Kabupaten Bekasi maka produk-produk UMKM di Kabupaten Bekasi dapat memiliki daya saing, Baik tingkat nasional maupun internasional.

Karena, pelaku UMKM dapat memanfatkan keberadaan BSN agar produknya memiliki standar.

“Setelah ada BSN ini, para pelaku UMKM bisa dilakukan pelatihan, dan sosialisasi. Sehingga produk kita ada daya saing,” kata Uju kemarin.

Ia menuturkan, UMKM di Kabupaten Bekasi jumlahnya hampir mencapai 15 ribu lebih. Sehingga, cukup potensial untuk bersaing.

“Peluang ada di kita, tinggal bagaimana kita menangkap peluang pasar ini. Saya mengimbau kepada pelaku UMKM untuk menggunakan peluang ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BSN, Bambang Prasetya menjelaskan, ini merupakan KLT yang ketiga setelah pada tahun 2017 BSN meresmikan KLT di Kota Makassar dan Palembang.

Dengan berdirinya KLT BSN di Bekasi, masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan layanan standarisasi dan penilaian kesesuaian (SPK).

“Harapan kami kantor ini bisa bermanfaat, tujuannya agar pelayanan lebih efektif, efisien, dan masif lagi untuk UMKM yang ada di Kabupaten Bekasi. Kita tahu di sini itu jumlahnya sangat luar biasa potensinya. Oleh karena itu kita hadir agar pelayanannya lebih cepat,” jelasnya seusai peresmian.

Selain di Bekasi, pada tahun 2019 ini, BSN juga akan mengoperasikan KLT di Surabaya dan Pekanbaru. Di KLT BSN menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung layanan SPK seperti pelatihan, konsultasi, serta pembinaan penerapan SNI kepada pelaku usaha dan lembaga penilaian kesesuaian.

“Pelayanan mulai dari pemahaman mengenai SNI, verifikasi, mendapatkan tanda SNI, pelatihan-pelatihan mengenai ilmu-ilmu yang berkaitan dengan menajemen mutu, dan pemahaman sistem yang lain,” tuturnya. (pra)

Related Articles

Back to top button