Politik

KPU Minta Pembuatan KTP-El Dipercepat

Radarbekasi.id – Jelang pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi menggenjot pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El).

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bekasi, Ali Syabana menyampaikan, Kemendagri mengharuskan pencetakan KTP-El dipercepat. Kata dia, hal itu didukung dengan pengiriman blangko.

“Sampai saat ini, yang wajib KTP-El dan sudah melakukan perekaman sebanyak 1.864,743. Dan target kami, semua warga harus mempunyai KTP-El saat Pemilu,” beber Ali, Selasa (26/2).

Ditambahkannya, untuk kebutuhan blangko sudah dikirim 70 ribu, dan sudah dibagikan ke 23 kecamatan. “Jadi untuk masalah blangko tidak ada masalah,” terang Ali.

Ia juga menyampaikan, agar pencetakan KTP-El bisa dipercepat, dan dalam satu minggu blangko tersebut sudah dicetak semua, agar bisa mengusulkan kembali ke Kemendagri. Dalam satu kecamatan pembagian blangko tidak merata, tergantung jumlah penduduk nya.

“Seperti Tambun Selatan kami berikan tujuh ribu blangko KTP-El, tapi kalau  seperti di Sukatani, hanya dua ribu blangko. Jadi tergantung jumlah penduduk,” tandas Ali.

Menurut Ali, kendala pencetakan KTP-El yang sering terlambat karena keterbatasan alat dan jaringan sering offline.”Setiap kecamatan mempunyai dua mesin cetak KTP-El. Untuk satu mesin, dalam sehari bisa mencetak 200 KTP-El,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudi mengaku, sejauh ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Diskucapil terkait KTP-El jelang Pemili 2019. Khususnya bagi pemilih yang sudah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), tapi belum mempunyai KTP-El, termasuk yang belum melakukan perekaman.

“Yang masuk dalam DPT itu juga masih ada pemilih yang belum mempunyai KTP-El, ada juga yang belum melakukan perekaman. Sehingga kami mendorong agar Diskucapil memprioritaskan itu,” harap Jajang. (pra)

Related Articles

Back to top button