Bisnis

Peran E-KYC Perlu Disosialisasikan

Radarbekasi.id – Perkembangan jasa keuangan digital atau Financial Technology (Fintech) tumbuh sangat pesat saat ini. Apalagi, Indonesia saat ini tengah memasuki era 4.0 di mana semua layanan serba cepat dan mudah dengan adanya digital.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperkenalkan Know Your Customer (KYC) untuk melindungi nasabah terkait penggunaan data dan dana. Selain itu juga dapat dimanfaatkan oleh Fintech dalam memverifikasi terkait data nasabah.

Direktur Pengaturan Pengawasan Perizinan Fintech OJK Hendrikus Passagi menyampaikan, pihaknya terus menyosialisasikan KYC untuk melindungi konsumen dari penyalahgunaan dana dan data.

“Pengenalan nasabah pada elektronik atau KYC menjadi penting untuk kepentingan nasional juga seperti pencucian uang, menghindari pendanaan terorisme,” ujarnya saat acara Seminar Peran E-KYC dalam Keuangan Digital di Hotel Pullman, Rabu (27/2).

Meskipun demikian, dia mengungkapkan dalam menyosialisasikan peran KYC dibutuhkan perusahaan penyedia untuk dana dan data para nasabah. Hal ini menjadi penting untuk menghindari kegagalan virtual dalam bertransaksi.

Pasalnya, Hendriskus menambahkan, perusahaan penyedia verifikasi bisa memberi kekuatan dalam melakukan verifikasi, serta dapat bertanggung jawab secara perdata dan pidana.

“Kami harapkan ada pihak yang bisa menyediakan verifikasi mengenal nasabah secara elektronik, maka tanda tangan digital bisa terbentuk, sehingga bisa mengenalkan smart kontrak. Ini adalah komponen dasarnya,” tandasnya. (jpc)

Related Articles

Back to top button