Berita Utama

KPU Terima 1,716.763 Surat Suara

Radarbekasi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, sudah menerima kiriman 1,716.763 surat suara untuk calon anggota DPR RI dari salah satu percetakan yang ada di Jakarta, dan akan digunakan pada 17 April 2019 mendatang.

Surat suara tiba di Kota Bekasi dan langsung dibawa menuju gudang KPU, Gor Volly, Kelurahan Kayuringin, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (4/3).

“Rencananya, surat suara untuk calon anggota DPR itu  akan dikirim tiga hari berturut-turut, yakni kemarin, Senin (4/3), Selasa (5/3) dan Rabu (6/3) dengan jumlah yang sama,” ujar Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni.

Saat ditanya perihal surat suara untuk Calon PPresiden dan Calon Wakil Presiden (Capres – Cawapres), Nurul mengaku belum mengetahui secara pasti kapan akan dikirim ke KPU Kota Bekasi.

“Jika merujuk pada jadwal yang  sebelumnya, surat suara untuk Capres – Cawapres akan dikirim sekitar tanggal 30 Maret 2019 mendatang. Tapi kami minta supaya dipercepat,” kata Nurul.

Ia menjelaskan, surat suara untuk calon anggota DPR RI ini jadwalnya tanggal 18, namun ternyata bisa datang lebih cepat.

“Semua jenis surat suara nantinya akan disimpan dan dilipat di lapangan Volly Gor Kota Bekasi, yakni sebanyak 8.583.815 surat suara, ditambah surat suara cadangan sebanyak dua persen dan surat suara untuk pemilihan ulang sebanyak 1.000,” terang Nurul.

Lanjut Nurul, untuk melakukan pelipatan surat suara tersebut, pihaknya akan melibatkan 100 orang per jenis kertas suara. “Untuk satu jenis surat suara, kami akan melibatkan 100 orang tenaga. Jadi yang sekarang ini sudah ada 300 orang,”ucapnya.

Nurul menambahkan, untuk pengamanan logistik Pemilu tersebut, akan ada staf KPU yang berjaga di gudang, dan tentu dibantu oleh pihak kepolisian dari Polres Metro Bekasi Kota selama 24 jam.

“Kertas surat suara ini akan didistribusikan ke kecamatan pada H-7 sebelum pemiihan 17 April 2019. Sementara untuk kelurahan H-3 dan H-1 untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS),” pungkas Nurul. (sur)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Lihat Juga

Close
Close
Close