Berita Utama

Kotak Suara Dipindah ke Kantor KPU

* Gudang Logistik Overload

Radarbekasi.id – Gudang logistik KPU Kabupaten Bekasi yang ada di Cibitung, sudah tidak bisa lagi menampung seluruh kotak suara yang jumlahnya mencapai 39.033 untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang. Sehingga sebagian kotak suara harus dipindahkan ke kantor KPU Kabupaten Bekasi.

Pelaksana Bidang Logistik KPU Kabupaten Bekasi, Pajar, mengaku kewalahan untuk menyimpan kotak suara yang belum dirakit. Karena gudang logistik tempat penyimpanan kotak suara tersebut, dirasa sudah kepenuhan (overload) dan hanya bisa menampung sekitar 13 ribu kotak suara yang sudah dirakit.

“Hari ini (kemarin,red) kotak suara yang belum dirakit sudah mulai dipindahkan ke kantor KPU. Sebab kapasitas gudang logistik hanya 13 ribu,” kata Pajar, Selasa (5/3).

Pria yang juga bertugas mengawasi perakitan kotak suara di gudang logistik itu menjelaskan, sampai saat ini sebanyak 10.219 kotak suara sudah berhasil dirakit. Karena perakitan kotak suara terkendala gudang dan tenaga kerja.

“Karena adanya keterbatasan tenaga kerja, dalam sehari hanya bisa merakit 400 sampai 600 kotak suara. Apalagi jumlah tenaga kerja secara keseluruhan hanya ada 20 orang,” ujarnya.

Pihaknya juga menemukan tujuh kotak suara yang rusak.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin mengakui, sebagian kotak suara untuk Pemilu 2019 yang ada di gudang logistik harus dipindahkan ke kantor KPU karena keterbatasan tempat.

“Kotak suara itu akan kami taruh di gudang kantor KPU Kabupaten Bekasi,” kata Jajang.

Lanjutnya, dari  39.033 kotak suara yang ada, sebanyak 24 ribu kotak suara akan dipindahkan ke kantor KPU, dan 13.000 kotak suara yang sudah dirakit, disimpan di gudang logistik yang ada di Cibitung.

“Untuk perakitan kotak suara, kami targetkan bisa selesai 25 Maret, supaya awal April sudah dapat didistribusikan ke PPK. Sedangkan jumlah kotak suara masih ada kekurangan sebanyak 722, dan akan dikirim secepatnya,” ucap Jajang.

Untuk mengejar target perakitan kotak suara agar selesai pertengahan Maret, tambah Jajang,  pihaknya akan menambah tenaga kerja sebanyak 20 orang lagi.

“Memang target kami, perakitan kotak suara sudah selesai 25 Maret. Walaupun harus menambah tenaga kerja,” pungkasnya. (pra)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Lihat Juga

Close
Close
Close