Metropolis

P4GN, Ubhara Sinergi dengan BNN

Radarbekasi.id – Universitas Bhayangkara (Ubhara) sepakat untuk bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk melakukan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Sinergitas tersebut meliputi ruang lingkup kesepakatan yang telah ditandatangani dalam nota kesepahaman antara kepala BNN, Heru Winarko bersama dengan Rektor Ubhara, Bambang Karsono, kemarin.

Nota kesepahaman tersebut meliputi penyebar luasan informasi, komunikasi dan edukasi (KIE) tentang P4GN dilingkungan Ubhara, pembentukan relawan dan pegiat anti narkoba dilingkungan Ubhara,
pertukaran informasi dan data ilmiah, pelaksanaan pengembangan kompetensi bagi pegawai BNN serta pelaksanaan tes ujicoba.

Kepala BNN, Heru Winarko mengungkapkan sinergitas kali ini merupakan tindakan lanjutan dari MOU yang sebelumnya sudah ada. Namun untuk saat ini ia menjelaskan BNN akan lebih mendominasi dalam tri darma perguruan tinggi dilingkungan kampus Ubhara.

“Kami yang sekarang ini kami akan lebih fokus untuk mendominasinya, yaitu yang tadi ada Tri Dharma perguruan tinggi dalam mengajar kami dari BNN ada modul. Kami harapkan pihak rektor juga menggunakan modul tersebut untuk kurikulum disini,” katanya, Selasa (5/3).

Selain menyiapkan modul untuk aspek pendidikan, pada Tri Darma Perguruan Tinggi, pihaknya juga menyiapkan kegiatan penelitian yang difokuskan untuk Narkoba. Sementara untuk pengabdian masyarakat BNN akan dibentuk sebagai relawan atau penggiat Narkoba untuk ditempatkan
di titik-titik rawan Narkoba.

Dia  berharap semua unsur terlibat aktif dalam P4GN. Dia menilai berkaitan dengan peredaran Narkoba ini erat kaitannya dengan penawaran dan permintaan dilingkunngan masyarakat sehingga dua aspek tersebut harus bisa untuk diberantas.

“Jadi semuanya saya mengajak masyarakat, alhamdulillah pak presiden mengeluarkan inpres 06 tahun 2018, nah ini menjadi payung hukum kita untuk bisa di kementrian, lembaga, pemerintah provinsi kabupaten juga swasta untuk bersama-sama melakukan P4GN,” terangnya. (sur)

Tags
Close