MetropolisOlahraga

NPCI Fokus Bina Atlet Muda

Dari 12 Cabang Olahraga, Baru Tiga yang Berjalan

Radarbekasi.id – National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Bekasi fokus membina atlet muda sepanjang 2019-2020. Pasalnya atlet muda memiliki peluang besar dalam mencapai target Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) VI 2020 Jawa Barat.

Ketua NPCI Kabupaten Bekasi, Kardi Lardi Leo menuturkan, beberapa tahapan dalam mencari atlet untuk cabang olahraga NPCI tidaklah mudah. Karena, perlu ada proses tertentu. Seperti pendekatan kusus, dan izin orang tua.

“Tidak ada regulasi pembatasan usia di Peparda itu. Tapi, kita menargetkan usia 23- 25 tahun untuk maju di Peparda nanti,” ujar  kepada Radar Bekasi, Kamis (7/3).

Ada beberapa keuntungan dalam membina atlet usia muda. Pertama memiliki jenjang karir yang panjang. Lalu, memiliki kekuatan fisik berkembang.

“Ya, atlet usia muda akan lebih potensial. Kita juga mempertimbangkan dengan usia di beberapa cabor kita,” imbuhnya.

Sejalan dengan persiapan regenerasi atlet, sebanyak tiga dari 12 cabang olahraga yang ada di dalam naungan NPCI sudah berjalan. “Untuk pembinaan  baru renang dan angkat berat, serta panahan. Selebihnya belum ada,” katanya.

Leo menambahkan, peluang atlet juga sudah terlihat. Sejumlah sekolah luar biasa sudah merekomendasikan untuk NPCI bisa langsung bersosialisasi ke sejumlah titik. Meski begitu, dirinya belum menjelaskan secara detail lokasi sekolah luar biasa yang ada Kabupaten Bekasi.

“Untuk atlet kita upayakan pembinaan untuk atlet pelajar. Kita coba koordinasi ke sekolah luar biasa yang ada di Kabupaten Bekasi,” tuturnya.

Pada tahun ini, masih Kardi, kegiatan untuk pekan pelajar difabel akan dihelat. “Saya target pembinaan untuk kegiatan tahun tahun berikutnya kita punya atlet muda muda hasil dari pembinaan kita,” tukasnya. (*)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − five =

Close