Berita Utama

Surat Suara Pilpres Masih Kurang

Radarbekasi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi sudah menerima 2.094.617 surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2019 mendatang.

Surat suara yang diangkut menggunakan truk milik PT Pos Indonesia tersebut disimpan di Gedung Serba Guna, Komplek Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Kamis (7/3).

Kasubag Umum KPU Kabupaten Bekasi, Wahid Rosidi mengatakan, pihaknya untuk pertama kali menerima surat suara untuk Presiden dan Wakil Presiden. Dan rencananya, penyortiran dan pelipatan surat suara itu akan dilakukan pada tanggal 10 Maret 2019.

“Rencananya mulai disortir dan dilipat pada tanggal 10 Maret,” ucapnya, Kamis (7/3).

Kata dia, untuk surat suara yang lain, kemungkinan besar akan dikirim pada tanggal 14 Maret 2019. “Berdasarkan informasi yang kami terima dari percetakan, bahwa surat suara untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI akan dikirim pada tanggal 14 Maret 2019,” terang Wahid.

Lalu untuk jenis surat surat DPRD Kabupaten Bekasi dan surat surat DPRD Provinsi, dari daerah pemilihan satu sampai enam, akan dikirim dari tanggal 14 sampai 16 Maret 2019.

“Untuk surat surat yang lain, kami akan simpan di tempat yang sama.  Kemungkinan besar baru datang tanggal 14 Maret 2019, dan akan disampaikan ke teman-teman media,” katanya.

Wahid mengakui, untuk surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden masih mengalami kekurangan. Dan pihaknya akan segera melaporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi. “Memang untuk suara Pilpres masih kurang,” tegas Wahid.

Sementara itu, Devisi Pengawasan Hubungan Antara Lembaga dan Humas THL Bawaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi menyampaikan, surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden masih mengalami kekurangan sebanyak 3.02 lembar, walaupun sebenarnya untuk Daftar Pemiliha Tetap (DPT) sudah cukup.

“Ini hanya kekurangan surat suara tambahan saja, atau cadangan. Kalau dilihat dari jumlah DPT sudah terpenuhi,” jelasnya.

Berdasarkan data yang diperolehnya, surat suara Pilpres tersebut berasal dari percetakan PT Pura Barutama di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Sementara untuk surat suara DPD RI berasal dari percetakan PT Gramedia Printing – Cikarang Plant di Kawasan Delta Silicon dan surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Barat serta DPRD Kabupaten Bekasi, berasal dari percetakan PT Gramedia Printing Palmerah – Jakarta Barat. (pra)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker