Berita Utama

Usut dan Tindak

Penyedia Jasa Pembuangan Sampah Ilegal

Radarbekasi.id – Jasa pengangkutan sampah illegal yang membuang di sembarang tempat merupakan suatu pelanggaran. Aktivitas mereka diduga mencemari lingkungan dan menyalahi Undang Undang Lingkungan Hidup (UULH). Demikian dikatakan Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Bekasi, AKBP Rizal Marito.

Ia menjelaskan, adanya pembuangan sampah yang dilakukan di sembarang tempat telah melanggar UU LH, dan berpotensi pidana.

Menurutnya, meskipun pihaknya sebagai Polri memiliki kewenangan untuk menindak namun lebih dominan Dinas Lingkungan Hidup sebagai penegak hukum dan sekaligus ahli pada bidangnya.

“Polri juga memiliki kewenangan, tapi harus koordinasi dengan LH,”ujarnya saat dihubungi, Selasa (19/3).

Sementara itu Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dody Agus Supryanto menuturkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum terkait adanya oknum masyarakat yang menjadi penyedia jasa pembuangan sampah.

“Jadi yang menawarkan kepada beberapa perumahan dan permukiman warga adalah oknum warga yang memanfaatkan jasa layanan swasta. Tapi yang menjadi masalah dibuangnya itu disembarang lokasi, sehingga menjadi masalah baru untuk kami,”ujarnya saat ditemui di Pemkab Bekasi.

Ia menyatakan, pihaknya harus kembali mengangkut tumpukan sampah yang dibuang di lahan kosong pinggir jalan. Sehingga hal tersebutlah yang menjadi masalah baru bagi anggotanya.

“Saya mendapatkan laporan dari UPTD Kebersihan Wilayah II – Wilayah IV. Yang meliputi Kecamatan Tambun Selatan, Cibitung, Cikarang Barat, Selatan, Utara, dan Timur,”ujarnya.

Selain itu, dengan adanya jasa layanan tersebut, beberapa perumahan sudah tidak lagi ingin dilayani oleh UPTD. Lantaran ketika dibutuhkan UPTD tidak bisa memberikan layanan.

“Jadi inilah masalah yang harus kami sosialisasikan kepada masyarakat, dan warga harus mengetahui karena sedang ada permasalahan di TPA. Karena warga sekitar sedang menutup paksa TPA, dan baru beberapa hari dibuka kembali,”tuturnya.

Doddy menilai bahwa oknum yang menjadi penyedia jasa pembuangan sampah ilegal itu perlu ditindak. Karena, disaat pemerintah sedang berupaya menjaga lingkungan, namun dirusak seketika demi keuntungan pribadi.

“Memang untuk penindakan hal ini perlu ada campur tangan aparat hukum, jadi dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi. Dan saya harap apabila ada aparat yang melihat ada pembuangan sampah oleh pihak swasta secara sembarangan perlu ditindak dan diamankan,” tegasnya. (and)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker