Realtime

Kawal Pemungutan Suara, Junaedi Terjunkan Ribuan Saksi

Junaedi, Calon Anggota DPRD Kabupaten Bekasi nomor urut 4 dari Partai Gerindra Dapil VI Kabupaten Bekasi (Cikarang Utara, Cikarang Timur, Karang Bahagia)

RadarBekasi.id – Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Gerindra Nomor 4 dari Daerah Pemilihan 6 Kabupaten Bekasi, Junaedi mempersiapkan ribuan saksi untuk menyukseskan Pileg dan Pilpres 2019.

Dirinya pun sudah memberikan bimbingan teknis (Bimtek) untuk saksi yang bakal ditugaskan di 1170 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di wilayah Kecamatan Cikarang Utara, Cikarang Timur dan Karang Bahagia.

Bimtek tersebut digelar di Sekretariat Sejuk Centre, Kampung Warung Kobak RT 005/001, Desa Pasirgombong, Kecamatan Cikarang Utara, Senin (08/04) lalu.

Kegiatan Bimtek Saksi ini dilakukan untuk menyiapkan saksi yang berkualitas dan handal dalam proses pemungutan maupun penghitungan suara di Pemilu 2019.

Menurut Junaedi, untuk mensukseskan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif di Pemilu 2019 ini peran penting para saksi sangat dibutuhkan.

“Data valid pemilih harus benar-benar dijaga mereka para saksi untuk mengawal pemilu tahun ini,” kata Junaedi.

Junaedi mengatakan, jika pengawalan pemilu tidak dilakukan secara komprehensif, dikhawatirkan banyak kesalahan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Melalui Bimtek Saksi ini, mereka diberikan pemahaman dan pembekalan. Agar saat bertugas di TPS nanti dapat mengawal jalannya pemungutan suara dengan baik,” katanya.

Ketua Bapillu DPC Gerindra Kabupaten Bekasi, Ridwan Arifin mengungkapkan, saksi pribadi dari caleg yang mengikuti Bimtek tidak berada di dalam TPS. Mereka akan memantau jalannya pemungutan dan penghitungan suara dari luar TPS.

Pihaknya mengizinkan caleg untuk menghadirkan saksi di TPS untuk menekan terjadinya tindak kecurangan. Mengingat, masa waktu pemungutan dan penghitungan suara akan berlangsung cukup panjang sehingga dibutuhkan saksi berlapis.

“Saksi yang disiapkan pribadi oleh Caleg satu orang per TPS. Sementara saksi yang diberi mandat oleh partai, terdaftar di KPU dan duduk di dalam TPS sebanyak dua orang per TPS-nya,” ujarnya.

Dalam mengawal proses pemungutan suara dibutuhkan ketelitian dan pengalaman. Dengan adanya Bimtek, diharapkan dapat menjadi momen untuk menambah pengalaman di bidang pengawasan dan sekaligus sebagai saksi.

Kegiatan Bimtek tersebut turut dihadiri Caleg DPR-RI dari Partai Gerindra, Putih Sari, Ketua PAC Gerindra Kecamatan Cikarang Utara, Ketua PAC Gerindra Kecamatan Cikarang Timur, Ketua PAC Gerindra Kecamatan Karang Bahagia dan ratusan saksi dari Partai Gerindra.(neo)ย 

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + seven =

Close
Close