Berita UtamaPerbankan

Pemkot Belum Kantongi Nama Calon Dirut

Radarbekasi.id – Pemerintah Kota Bekasi belum mengantongi nama calon direktur utama BPRS Patriot meskipun seleksi calon dewan komisaris dan direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut sudah dibuka waktu pendaftarannya sejak 8 April 2019.

Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Bekasi, Nadih Arifin menjelaskan berkas pendaftar dikirim ke panitia seleksi dengan alamat PO BOX 008 Bekasi 17000. Oleh karena itu, tidak bisa dibuka langsung sehingga belum diketahui nama-nama calon direktur utama BPRS Patriot.

“Kita belum tahu siapa saja yang mendaftar. Karena berkasnya di kirim ke kantor pos. Nanti kalau sudah dibuka baru ketahuan,” kata Nadih kepada Radar Bekasi, Jumat (12/4).

Berkas pendaftar tersebut baru akan dibuka untuk dicek administrasinya pada 19 April 2019. Pembukaan berkas sengaja dilakukan dua hari setelah waktu pendaftaran ditutup pada 17 April 2019 sebagai langkah antisipasi  adanya pendaftar dari luar daerah.

“Dari daerah mana saja boleh. Yang penting memenuhi persyaratan,” katanya.

Setelah dilakukan pengecekan administrasi, pendaftar akan mengikuti seleksi lanjutan berupa uji kompetensi, psikotes, dan wawancara, oleh pihak ketiga yang terdiri dari konsultan independen dan akademisi. Nadih menegaskan, ada syarat utama yang harus dipenuhi oleh pendaftar dalam proses administrasi.

“Syarat utamanya harus punya sertifikat kompetensi perbankan syariah. Itu susah dan jarang yang punya,” ujarnya.

Selanjutnya, pendaftar yang lolos seleksi oleh pihak ketiga akan diserahkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengikuti uji kemampuan dan kepatutan. Nadih mengakui, pendaftar yang lolos seleksi oleh tim independen belum tentu lolos di OJK.

“Jadi yang menetapkan, ending akhirnya nanti OJK,” tegasnya.

Nadih belum dapat memastikan proses seleksi di OJK tersebut selesai. Begitu juga waktu dilaksanakannya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BPRS Patriot. Namun dia memprediksi akan dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri.

“RUPS kemungkinan setelah Lebaran,” pungkasnya. (oke)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker