Cikarang

Bawaslu Gunakan Aplikasi SIWASLU

Radarbekasi.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi, akan menggunakan aplikasi Sistem Pengawasan Pemilu (SIWASLU) dalam pengawasan pemungutan dan perhitungan suara pada 17 April 2019 mendatang.

Apilikasi ini mulai diperkenalkan sekaligus dilakukan uji coba disejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) secara serentak di Kabupaten Bekasi, beberapa waktu lalu.

“Ini adalah aplikasi sistem pelaporan cepat yang kami lakukan secara digital untuk merekam semua potret pelaksaan pemilu sejak memasuki masa tenang. Jadi di masa tenang, pengawas sudah bekerja untuk melakukan pengawasan di TPS masing-masing terkait dengan apakah adanya kampanye politik uang maupun kampanye lain pada masa tenang,” ujar Komisioner Divisi Penindakan Bawaslu Kabupaten Bekasi, Khoirudin, Senin (15/4).

Menurutnya, perkembangan pelaksanaan pemilu akan dilakukan secara online pada masa tenang mulai 14 April, H-1 pada 16 April, dan hari H 17 April. Dan aplikasi ini menjadi sistem bersama yang dipakai oleh seluruh jajaran pengawas pemilu untuk mengumpulkan hasil pemungutan, penghitungan dan proses tahapan Pemilu 2019 sejak masa tenang hingga rekapitulasi suara tingkat nasional.

“Sehingga di tanggal 17 itu, Bawaslu RI itu sudah bisa merekam semua hasil perhitungan suara dari seluruh Indonesia, termasuk dari Kabupaten Bekasi,” terang Khoirudin. (pra)

Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − 11 =

Close
Close