BekasiBerita UtamaPolitik

Dapil Dua jadi Perhatian Khusus

Radarbekasi.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi memetakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) rawan di wilayah daerah pemilihan (Dapil) II, Bekasi Utara.

Bawaslu melihat, berdasarkan indeks pemetaan pemilu dan data empiris dari pemilihan umum sebelumnya, kerawanan didominasi TPS yang berada diwilayah Bekasi Utara.

Wilayah Kecamatan Bekasi Utara diberikan perhatian lebih dengan beberapa pertimbangan. Dilihat dari daerah pemilihannya, Kecamatan Bekasi Utara merupakan dapil tersendiri, sementara kecamatan lainnya manjadi satu dapil dengan kecamatan lain.

Kedua, terdapat mayoritas ketua partai peserta pemilu di Bekasi Utara dalam kompetisi di Pemilu 17 April mendatang.

Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Tomy Suswanto mengatakan, pihaknya memberikan perhatian lebih di wilayah tersebut.

“Atas dasar itu kita coba memperkuat kaitan dengan proses pengawasan di daerah tersebut,” katanya, Senin (15/4) kepada Radar Bekasi.

Selain alasan diatas, terdapat beberapa rekam jejak selama proses Pemilu. Diantranya adalah penanganan beberapa pelanggaran kampanye yang ditangani oleh Bawaslu Kota Bekasi di wilayah tersebut.

Saat ditanya mengenai adanya potensi kericuhan pada saat pencoblosan di wilayah Kecamatan Bekasi Utara, Tomy meyakinkan tidak akan terjadi. Ia menyebut, pemangku kepentingan dalam Pemilu ini telah berkomitmen untuk menyajikan Pemilu yang kondusif baik penyelenggara, peserta pemilu, kepolisian, TNI dan pemerintah daerah.

Untuk mengantisipasi kerawanan hingga hal-hal yang mungkin terjadi menjelang pemungutan suara disiapkan pengawas TPS (PTPS) dan mengintruksikan kepada PTPS untuk melakukan pengawasan dan pendataan tempat ibadah dan melakukan pengawasan selama masa tenang.

“Kita akan memperkuat pengawasan dan pencegahan dan selanjutnya di hari-H kita sudah menyiapkan pengawas TPS kita 6.720 orang,” imbuhnya.

Sementara untuk TPS dengan kerawanan lainnya seperti banjir, ia mengaku belum bisa untuk mendata secara pasti karena cuaca yang dinilai sulit diperkirakan. (sur)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker