Cikarang

Kalimalang jadi Parkiran Truk dan Sarang Bangli

Radarbekasi.id – Jalan Inspeksi Kalimalang beralih fungsi. Akibatnya, dua jalur yang telah dibangun tak berfungsi optimal. Padahal, pengerjaannya sudah hampir rampung.

Jalur yang sedianya dilintasi kendaraan, kini menjadi tempat parkir truk. Selain itu, juga sebagai lahan berdirinya bangunan liar (bangli). Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Bekasi seolah tak berkutik untuk menertibkan.

Pantauan Radar Bekasi, dari batas Kota Bekasi hingga Desa Pasir Tanjung, Cikarang Pusat, sebagian besar jalur dua arah itu sudah selesai dibangun.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha tak membantah kalau jalur itu beralih fungsi.

Ia mengakui bahwa banyak truk dan bus yang diparkirkan. Bangli juga kembali menjamur.

Dirinya belum dapat memastikan kapan pembangunan jalur itu benar-benar rampung. Tapi, seharusnya jalur itu tidak dimanfaatkan sebagai tempat parkir truk atau bangli.

”Memang butuh proses untuk penyelesaian secara maksimal dan keseluruhan (pembuatan dua jalur dari batas Kota Bekasi hingga Cikarang Pusat),” katanya, Jumat (19/4).

Terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengatakan, perlu kerja sama seluruh lapisan masyarakat untuk mengatasi masalah lalu lintas di sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang.

Pihaknya sudah pernah melakukan penertiban di jalur tersebut. Tapi, kata Hudaya, kembali dimanfaatkan oknum warga yang tidak bertanggung jawab. Karena, jalur ini kurang dimanfaatkan.

“Ya memang kami paham lahan tersebut untuk mencari nafkah demi keberlangsungan kehidupan masyarakat yang layak. Tapi tentunya harus mengikuti aturan yang ada demi ketertiban umum,” tuturnya.

Ia menyarankan, agar Dinas PUPR segera menyelesaikan pembangunan jalan. Kemudian, ia juga meminta Dinas Perhubungan melakukan pengaturan lalu lintas.

Jika hal itu dilakukan, maka dapat meminimalisir beralih fungsinya jalur tersebut. Pihaknya pun siap melakukan penertiban.

“Jadi banyak pihak yang dilibatkan. Oleh sebab itu, perlu kerja sama, dan masalah Kalimalang ini selalu menjadi perhatian. Sebab bagian wilayah yang mengalami kepadatan volume kendaraan, sehingga terjadi kemacetan. Perlu kerjasama dengan tujuan membangun Kabupaten Bekasi,” tandasnya.(and)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker