PolitikRealtime

Ini 12 Temuan Bawaslu Kabupaten Bekasi saat Pemungutan dan Penghitungan Suara

Akbar Khadafi
Akbar Khadafi

RadarBekasi.id – Sejumlah hal menjadi catatan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi  pada proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019, Rabu (17/4) lalu.

Koordinator Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi mengatakan, terdapat sekitar 12 hal yang menjadi catatan pihaknya selama proses pemungutan dan penghitungan suara.

  1. Pembukaan melebihi pukul 07.00 WIB.

Hal itu tercatat terjadi di 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di tujuh kecamatan.  Yakni, Kecamatan Tambun Selatan, Cikarang Utara, Babelan, Cibitung, Cikarang Barat, Sukatani dan Cikarang Utara.

  1. Kekurangan surat suara

Tercatat terjadi di tiga TPS yang ada di Kecamatan Babelan dan Sukatani. Yakni, di TPS 96 dan 112 Kelurahan Kebalen dan TPS 42 Desa Sukamulya.

  1. Surat Suara Tertukar

Peristiwa itu tercatat terjadi di dua TPS yang ada di Kecamatan Karang Bahagia dan Tarumajaya. Masing – masing di TPS 2 Karang Setia dan TPS 5 Desa Sagara Jaya.

  1. Surat Suara yang Tertukar

Hal itu tercatat terjadi di TPS 2 Desa Karang Setia, Karang Bahagia dan TPS 5 Desa Segara Jaya, Tarumajaya.

  1. Pemungutan Suara Ditunda

Berdasarkan catatan Bawaslu Kabupaten Bekasi, hal ini terjadi di Desa Karangsetia, Kecamatan Karangbahagia.

  1. Pemilih Salah TPS

Hal ini tercatat di Kecamatan Karang Bahagia, Cikarang Selatan dan Cikarang Barat. Tepatnya, di empat TPS. Yakni, TPS 92 dan 91 Desa Sukaraya, TPS 70 Desa Ciantra dan TPS 27 Desa Mekarwangi.

  1. Kekurangan C1 Plano

Tercatat di 35 TPS yang ada di empat desa di tiga kecamatan yakni Karang Bahagia, Cikarang Utara, Sukatani. Desa tersebut antara lain Karang Setia, Karang Raharja, Sukamulya, Sukamanah dan Sukadame.

  1. Kekurangan formulir model C 1

Tercatat di 10 TPS yang berada di Kecamatan Cikarang Utara dan Sukatani. Di empat desa yakni Karang Setia, Karang Raharja, Sukamulya dan Sukahurip.

  1. Form C1 Plano Tertukar

Tercatat terjadi di tiga TPS yang ada di tiga kecamatan. Yakni, TPS 6 Karangsetia, Kecamatan Cikarang Utara, TPS 3 Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya dan TPS 188 Kelurahan Wanasari Kecamatan Cibitung.

  1. Penundaan Penghitungan

Hal ini tercatat terjadi di satu TPS. Yakni, TPS 5 Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung.

  1. Tidak Ada Saksi yang Keberatan

Tercatat tidak ada saksi yang keberatan atas proses dan hasil  perolehan suara.

  1. Selisih jumlah antara DPT+DPTB+DPK dengan surat suara yang digunakan dan Perolehan Hasil suara

Selisih ini tejadi di TPS 20 Desa Sukamanah Kecamatan Sukatani.

Selain 12 hal tersebut, Akbar menambahkan, Bawaslu Kabupaten Bekasi mencatat tidak ada temuan terkait dengan saksi yang tidak diberikan model C 1, serta dugaan pelanggaran politik uang atau bentuk lainnya. Kekurangan yang menjadi catatan pihaknya langsung dipenuhi pada hari yang sama.(neo)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker