Berita UtamaPendidikan

Molor Hingga Satu Jam

Hari Pertama UNBK di Kota Bekasi

UNBK SMP N 11
UNBK: Sejumlah Siswa Menengah Pertama (SMP) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 di SMP N 11, Bekasi Timur, Senin,(22/4). Sebanyak 31.455 siswa seluruh Kota Bekasi mengikuti UNBK, RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

Radarbekasi.id – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bekasi mengalami keterlambatan hingga 1 jam. Keterlambatan tersebut terjadi di hampir semua sekolah di Kota Bekasi.

Di SMPN 11 Kota Bekasi misalnya. Di sekolah tersebut UNBK baru dimulai pukul 08.00 WIB dari jadwal sebelumnya 07.30 WIB, ”Tadi kan ada sedikit terlambat ya, tapi waktu siswa tidak di kurangi. Pukul 08.33 WIB  baru bisa, di server,” kata Kepala Sekolah SMPN 11 Kota Bekasi, Jamjuri.

Di SMPN 11 ini tercatat sebanyak 383 siswa menjadi peserta UNBK tahun ini, pelaksanaan ujian dibagi kedalam tiga sesi dengan jumlah ruangan yang digunakan sebanyak empat ruangan.”Kita membagi tiga Shift. Semoga hari berikutnya tidak ada lagi keterlambatan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi, Ali Fauzi, mengakui terjadi keterlambatan hampir di semua sekolah di Kota Bekasi. Empat sekolah yang sudah di datanginya baru bisa memulai ujian sekitar pukul 08.15 WIB.

”Saya sudah pantau empat sekolah, memang tadi ada agak lambat sekitar yang semula 07.30 tapi tadi baru bisa dilaksanakan tadi pukul 08.15 menit ya. Tapi bagi anak halnya dua jam tetap kita penuhi, tidak berkurang hanya yang sesi dua waktunya agak mundur,” terangnya.

Keterlambatan tersebut dijelaskan oleh Ali terjadi karena token tidak bisa untuk digunakan login ke server. ”Semua (sekolah) karena kan kalau server itu dari pusat,” imbuhnya.

Namun ia meyakinkan bahwa keterlambatan yang terjadi tidak akan mengurangi hak siswa untuk mengerjakan soal yakni dua jam, hanya saja untuk sesi berikutnya waktu untuk memulai ujian ikut mundur dari waktu yang seharusnya yakni pukul 10.00 WIB.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah menambahkan, UNBK tahun ini di Kota Bekasi diikuti 31.445 siswa yang berasal dari 49 SMP Negeri, 221 SMP swasta dan lima SMP terbuka.

Inay menuturkan, dalam pelaksanaannya, UNBK dibagi menjadi tiga sesi yakni, sesi pertama pukul 07.30-09.30 WIB, sesi kedua pukul 10.30-12.30 WIB dan sesi ketiga pukul 14.00-16.00 WIB.

Guna memastikan kelancaran UNBK, Inay mengaku  telah berkoordinasi kepada PLN agar bisa memastikan keberlangsungan aliran listrik ke sekolah-sekolah yang melaksanakan UNBK.” Semoga semuanya berjalan dengan lancar,”tegasnya. (Sur).

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker