BekasiBerita Utama

Empat Parpol Masih Juara

Perolehan Kursi Legislatif DPRD Kota Bekasi

Radarbekasi.id – Empat partai politik (Parpol) besar pada hasil Pemilu tahun 2014 lalu menguasai perolehan suara di Kota Bekasi, diprediksi masih mendominasi perolehan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi tahun ini. Keempatnya yakni PDIP, Partai Golkar, PKS dan Partai Gerindra.

Berdasarkan dari tabulasi suara masing-masing partai, PDIP optimis dapat meraup 13 kursi, PKS 12 kursi Golkar 10 kursi dan Gerindra 9 Kursi. Pada tahun 2014 lalu PDIP sebagai partai terbanyak menguasai kursi DPRD Kota Bekasi disusul dengan golkar dengan 8 kursi, PKS 7 kursi dan Gerindra 6 kursi.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi, Tumai mengaku, hasil perhitungan di internal partainya sampai saat ini PDI Perjuangan dapat meraih 13 kursi. 13 kursi tersebut dikatakan tersebar diseluruh Dapil dimana dua kursi diperoleh di Dapil 1,2,4,5. Sedangkan untuk Dapil 3 dan 6 perhitungan internal partai menunjukkan partai berlambang banteng tersebut mendapatkan tiga kursi. “Ya InsyaAllah 13 kursi, sementara perhitungannya begitu,” katanya, Rabu (24/4).

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara mengungkapkan bahwa berdasarkan C1 yang sudah dihitung menggunakan metode Sainte Lague menunjukkan partainya minimal mendapatkan 2 kursi di setiap daerah Pemilihan.

Angka tersebut diungkapkan oleh Heri masih berpeluang untuk bertambah di Dapil 5 dan Dapil 6, ”Alhamdulillah kita di PKS sudah menghitung berdasarkan C1 yang didapat dengan perhitungan sainte lague itu untuk kota bekasi kita minimal dapat masing-masing Dapil itu dua kursi minimal dan berpotensi nambah dari Dapil tiga, Dapil lima dan enam. Tapi kalau yang sudah riil hitungan itu 12 masing-masing dua kursi,” katanya.

Kedua partai tersebut disusul oleh partai Golkar menyusul di urutan selanjutnya, perhitungan di internal partai menunjukkan angka kursi yang akan didapatkan sebanyak 10 kursi. Masing-masing untuk Dapil 1 sebanyak 3 kursi, Dapil 2 ada 1 kursi, Dapil 3 dicatat 3 kursi, Dapil 4 ada 1 kursi, Dapil 5 ada 1 kursi dan Dapil 6 ada 2 kursi.

“Realistisnya 10. Melalui tabulasi partai di DPD Bekasi kan kita punya tabulasi. Dari pileg 2014 ke 2019 dua kursi meskipun target kita kan 15 kan,” ungkap Humas partai Golkar, Adi Yunsyah.

Penuturan serupa juga disampaikan oleh ketua DPC Gerindra Kota Bekasi, Ibnu Hajar Tanjung. Pria bertubuh tegap ini mengaku optimis perolehan kursi legislatif tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, ”Ya, Alhamdulillah tahun ini meningkat,” tegasnya penuh optimis.

Sementara itu, perolehan suara Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) tahun ini anjlok. Jika pada Pemilu sebelumnya Partai besutan Wiranto ini mampu mengantarkan 4 kursi legislatif di DPRD Kota Bekasi, namun tahun ini diperkirakan tidak ada satupun perwakilan.

Ketua DPC Partai Hanura Kota Bekasi, Syaherallayali mengaku merasa pesimis dirinya bisa melenggang mulus duduk di kursi DPRD Kota Bekasi. Menurutnya, sederet persoalan menjadi penyebab dari merosotnya suara partai Hanura Kota Bekasi bahkan secara nasional.

Persoalannya adalah kisruh yang terjadi di tubuh DPP Hanura sehingga berimbas kepada partai ditingkat DPC. Kedua adalah kinerja Caleg terutama di daerah pemilihannya yakni di Dapil dua yang dinilai tidak maksimal.

“Ya, peristiwa ini bagian dari sejarah Hanura Kota Bekasi. Kondisi hari ini memang Pamor partai sedang turun,” katanya.

Tidak hanya dirinya, bahkan secara keseluruhan di Kota Bekasi pun diakui potensi partai Hanura sangat kecil. Dia memastikan perolehan kursi akan menurun dibanding dengan perolehan kursi lima tahun lalu. (sur)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker