CikarangPemiluPolitik

Kawal Proses Rekapitulasi Surat Suara

Pasang Tenda di Halaman Kantor Kecamatan

BOKS
DUDUK DI TENDA: Salah seorang saksi dari PKS sedang duduk didalam tenda yang berada di halaman kantor Kecamatan Karangbahagia, untuk mengawal proses rekapitulasi surat suara Pemilu 2019, Rabu (24/4). PRA/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Untuk mengawal proses rekapitulasi surat suara Pileg dan Pilpres 2019, sejumlah saksi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), rela menginap dan memasang tenda di halaman kantor Kecamatan Karang Bahagia. Mau tahu ceritanya? Berikut ceritanya:

Laporan:
Karsim Pratama
Karang Bahagia

Sejak Selasa (23/4), terlihat ada dua tenda yang sudah terpasang dihalaman kantor Kecamatan Karangbahagia. Ternyata tenda-tenda itu merupakan milik para saksi dari PKS untuk beristirahat saat kelelahan mengawal proses rekapitulasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Dari pantauan Radar Bekasi, terlihat sekumpulan orang sedang berbincang disamping tenda tersebut dengan beralaskan tikar, sementara didalam tenda terlihat ada orang yang sedang tidur.

Menurut keterangan dari Ketua DPC PKS Karang Bahagia, Hadianto, pemasangan tenda tersebut sudah direncanakan dari jauh-jauh hari. Tujuannya, agar para saksi bisa beristirahat ketika lelah memantau proses rekapitulasi.

“Memang tenda ini sudah kami pasang dari Selasa (23/4) untuk tempat istirahat, jadi tidak harus pulang ke rumah. Termasuk peralatan untuk memasak, seperti kompor gas sudah disiapkan,” kata Hadianto saat ditemui di lokasi. Rabu (24/4).

Ia menjelaskan, tenda tersebut tidak boleh kosong, karena setiap hari ada dua shift untuk mengawal proses penghitungan surat suara. Pihaknya berencana akan memanfaatkan tenda tersebut hingga proses rekapitulasi selesai, atau selama enam hari.

“Pleno di Kecamatan Karangbahagia baru dilakukan kemarin, makanya tenda baru kami pasang. Para saksi dibagi menjadi dua sif, satu sif tujuh orang, siang dan malam tidak boleh kosong,” terangnya.

Agar tidak ada kecurangan dalam proses penghitungan suara, Hadianto sempat meminta panitia Pemilu untuk membuka kotak suara sebelum dilakukan proses rekapitulasi. Meski dia mengakui suara PKS di Kecamatan Karang Bahagia C1 nya sudah masuk hampir 95 persen dari setiap TPS.

“Suara PKS di Kecamatan Karangbahagia mengalami peningkatan dua kali lipat dari tahun 2014 lalu. Dan Pemilu 2019 ini, PKS mendapat suara lima ribu, khusus di Karangbahagia saja, sedangkan tahun 2014 hanya dua ribu suara. Makanya harus dikawal secara ketat,” ucapnya.

Ditambahkan Hadi, peningkatan suara PKS tersebut karena militansi dari para kader, termasuk sejumlah program yang ditawarkan oleh partai maupun caleg ke masyarakat. (*)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Satu Komentar

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker