Berita UtamaCikarangPemerintahan

THL Tak Dapat THR

THL
TETAP BEKERJA: Seorang Pekerja Harian Lepas (PHL) sedang menyapu Jalan Diponegoro, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Senin (6/5). Jam kerja THL tenaga kebersihan tidak berkurang selama bulan Ramadan. ARIESANT/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Tenaga Harian Lepas (THL) di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi dipastikan tidak menerima Tunjangan Hari Raya (THR) pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Demikian hal itu disampaikan Kepala Bidang Kebersihan pada DLH Kabupaten Bekasi, Dodi Agus.

Ia menuturkan, tidak ada pos anggaran THR untuk para THL di dinasnya. Menurut Dody, seharusnya THL khususnya penyapu jalan mendapatkan THR. Apalagi, mereka harus sudah mulai bekerja untuk membersihkan wilayah di Kabupaten Bekasi dua hari setelah hari raya.

Ya kalau menurut saya memang seharusnya menerima, karena bekerjanya kan untuk kepentingan wilayah Kabupaten Bekasi, dan masyarakat juga tidak terdampak masalah sampah,” ujarnya.

Dody menjelaskan, hingga saat ini terdata terdapat sebanyak 360 THL yang bertugas sebagai tenaga kebersihan. Mereka menerima sekitar Rp1,5 juta perbulan dengan rincian setiap harinya mendapatkan Rp56 ribu ketika bekerja.

Dodi mengakui bahwa pendapatan THL petugas kebersihan tidak laik. Namun demikian hal tersebut sudah sesuai dengan perhitungan dari kemampuan keuangan pemerintah daerah. “Memang ada saja beberapa petugas yang mengeluhkan dari aspek pendapatan, namun saya juga tidak bisa berbuat banyak. Karena sudah kebijakan pemerintah daerah yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” tuturnya.

Sementara itu, Syafrizal salah satu petugas petugas kebersihan di Jalan Hassanudin, Kecamatan Tambun Selatan mengaku tidak aneh apabila tidak mendapatkan THR.

“Bagi kami sudah tidak aneh tidak mendapatkan THR. Namun karena hari raya ini merupakan hari yang sakral bagi umat Islam, jadi saya berharap ada perhatian untuk mendapatkan THR,” harapnya.(and)

Tags
Close